infobanua.co.id
Beranda Daerah Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Sumbar, Puji Keberpihakan Bupati Pessel Dibidang Pendidikan

Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Sumbar, Puji Keberpihakan Bupati Pessel Dibidang Pendidikan

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) lakukan sosialisasi program-program prioritas Kemendikbud bersama awak media di Pesisir Selatan, pada Senin (29/7/2024).

Kegiatan itu diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan Yunita Irawati dengan jabatan sebagai Widia Prada Ahli Media, PIC PDM 09, BBPMP Sumbar bersama TIM, pihak Dinas Pendidikan Pessel dan dihadiri 10 orang awak media di Pessel yang terdiri dari media cetak dan online.

Yunita Irawati dengan jabatan sebagai Widia Prada Ahli Media, PIC PDM 09, BBPMP Sumbar saat sosialisasi mengatakan, bahwa pihaknya dari BBPMP Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sangat memuji dan mengapresiasi Pemda Pessel atas keberpihakannya kedunia pendidikan.

“Kita sangat mengapresiasi Pemda Pessel yang dipimpin oleh Bupati Rusma Yul Anwar, karena sangat banyak kebijakan beliau yang memprioritaskan dan berpihak ke dunia pendidikan baik segi anggaran maupun yang lainnya, “kata Yunita Irawati.

Selain itu, dia juga mengapresiasi Pemda Pessel yang memiliki program khusus di bidang pendidikan yaitu adanya Program Nagari Bersekolah (Pronasa). Dimana, program ini bisa menjadi contoh dan patut dipelajari untuk kemajuan pendidikan di Sumatera Barat (Sumbar).

“Kita sudah berkunjung dan melakukan riset serta sosialisasi program prioritas Kemendikbudristek di Sumbar. Cuman, hanya Pessel dan Pasaman daerah yang memiliki program khusus di Sumbar, dan program ini patut menjadi contoh dan kita juga bakal ikut membantu bagaimana progresnya kedepan, “ucapnya.

Menurutnya, Program Nagari Bersekolah (Pronasa) yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sangat luar biasa. Sebab, program ini melibatkan berbagai pihak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh siswa.

Artinya, siswa di Pesisir Selatan tidak hanya belajar di sekolah saja, tapi diluar sekolah para siswa juga mendapatkan pendidikan diberbagai bidang sesuai dengan minat dan kemampuannya.

“Mereka belajar tidak hanya di bangku sekolah saja. Tapi diluar sekolah juga, mereka bisa belajar seni dan kebudayaan, olahraga, mengaji dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya, “ujarnya.

Lanjutnya menyampaikan, kegiatan mediavisit sosialisasi program-program prioritas Kemendikbudristek oleh BBMP Sumbar ini tidak hanya dilakukan di Pesisir Selatan saja. Akan tetapi, kegiatan ini juga dilakukan di 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Kali ini sambungnya, sosialisasi dilakukan dengan melibatkan pers yang ada di daerah. Karena, dengan melibatkan para awak media sosialisasi ini bisa sampai dan menyasar berbagai kalangan terkait perkembangan dunia pendidikan.

“Memang kita sudah memiliki berbagai platform media untuk sosialisasi. Tapi sangat penting juga kita libatkan awak media dan membuat jaringan komunikasi dan publikasi dengan media lokal, “sebutnya.

Selama sosialisasi bersama awak media, Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) juga memaparkan beberapa materi terkait program-program prioritas Kemendikbudristek.

Seperti, penyaluran dan penggunaan dana BOS. Program sekolah penggerak. Sekolah aman berbelanja. Kurikulum merdeka platform merdeka mengajar. Akselerasi dan peningkatan pendanaan PAUD dan pendidikan kesetaraan.

Berikutnya Rapor pendidikan Indonesia. Buku bacaan bermutu untuk literasi Indonesia. Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Pencegahan, dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Bagikan:

Iklan