Categories: Nunukan

Bupati Nunukan: Ilau Pasisimpungan Rumpun Murut 2024, Mempererat Silaturahmi dan Tingkatkan Potensi Wisata Budaya

Nunukan, infobanua.co.id -Ilau Pasisimpungan Rumpun Murut 2024: Mempererat Silaturahmi dan Meningkatkan Potensi Wisata Budaya, “Ilau Pasisimpungan” merupakan ajang yang tidak hanya mempererat tali silaturahmi antar sub etnik Dayak dari rumpun Murut, tetapi juga berfungsi sebagai objek wisata budaya yang sangat menarik dan potensial untuk dikembangkan lebih lanjut di masa depan. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, saat membuka acara Ilau Pasisimpungan Rumpun Murut Tahun 2024 di Ibukota Kecamatan Lumbis Mansalong, Senin (29/07/2024).

Menurut Bupati Laura, kehadiran peserta dari berbagai negara dalam acara ini dapat mempererat silaturahmi lintas negara, serta berpotensi meningkatkan devisa dan perputaran ekonomi lokal melalui kuliner, kerajinan tangan, dan produk budaya lainnya.

Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura membuka pesta Budaya Ilau Pesisimpungan Rumpun Murut Tahun 2024 digelar di Kota Mansalong Kecamatan Lumbis kab Nunukan Provinsi Kalimantan Utara

“Melihat potensi serta manfaatnya, Pemerintah Kabupaten Nunukan akan terus memberikan perhatian dan dukungan. Tahun ini, Nunukan dipercaya menjadi tuan rumah acara ini,” ujar Bupati Laura.

Bupati Laura berharap pelaksanaan Ilau Pasisimpungan 2024 akan berlangsung meriah dan sukses, dengan kehadiran peserta dari seluruh penjuru wilayah sebagai wujud kebanggaan dan tanggung jawab dalam menjaga eksistensi rumpun Murut.

“Jika bukan kita yang menghormati budaya dan adat kita sendiri, lalu siapa? Sebelum kita meminta orang lain menghormati budaya kita, kita harus terlebih dahulu menghormatinya,” tambah Bupati Laura.

Ajang Ilau Pasisimpungan ini juga menjadi media untuk bertukar informasi dan melakukan promosi. Bupati Laura menekankan bahwa layanan informasi yang lebih baik akan memudahkan partisipasi aktif dalam pembangunan.

“Kedepan, Pemerintah Daerah akan terus mendorong kegiatan serupa di Kabupaten Nunukan agar berkembang lebih maju dan menciptakan masyarakat yang berbudaya,” ujarnya.

Pembukaan pesta adat Ilau Pasisimpangan Rumpun Murut tahun 2024 di Mansalong Kec Lumbis Kab Nunukan Kalimantan Utara

Selaras dengan tema hari ulang tahun Kabupaten Nunukan ke-25 tahun 2024, yaitu “Merawat Kebersamaan Melanjutkan Pembangunan,” Bupati Laura mengajak seluruh komponen di Kabupaten Nunukan untuk bersama-sama membangun daerah ini.

“Mari kita tingkatkan kebersamaan, kerukunan, dan gotong royong dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Nunukan,” seru Bupati Laura.

Pada kesempatan ini, Bupati Laura juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Malinau dan jajarannya atas dukungan terhadap Ilau Pasisimpungan Rumpun Murut 2024.

“Semoga hubungan baik ini terus terjalin untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.

Acara Ilau Pasisimpungan Rumpun Murut Tahun 2024 berlangsung dengan meriah, tidak hanya di lapangan sepakbola Aji Kuning Mansalong, tetapi juga dirasakan di seluruh desa dan pelosok. Masyarakat dan tamu kehormatan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam sudah memadati panggung utama sejak 28 Juli 2024. Mereka menyaksikan final lomba karaoke Lagu Murut serta penampilan Francis Landong, penyanyi dan komposer terkenal dari Malaysia yang menampilkan unsur seni kreatif rentak sumazau. (Yuspal Hms)

infobanua

Recent Posts

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 untuk Kategori Inovasi Automation dan Gaming

  Telkomsel mendapatkan pengakuan internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 dengan "Indonesia Technology Excellence…

2 jam ago

Proyek Perdamaian di 170 Negara : HWPL Merayakan Satu Dekade Komitmen Global untuk Perdamaian

infobanua.co.id - Dimulai pada tanggal 18 September 2024, HUT ke-10 KTT Perdamaian Dunia HWPL dirayakan…

2 jam ago

Luar Biasa Personel Polsek Bangko Ungkap Peredaran Narkotika Jaringan Internasional

infobanua.co.id ROHIL - Patut diacungi jempol jajaran personel polsek bangko ungkap kasus Tindak Pidana Narkotika…

2 jam ago

Dewan Pers dan KemenPPPA Susun Pedoman Pemberitaan Kekerasan Seksual

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dewan Pers, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, sedang…

3 jam ago

Nol Desa Tertinggal, Desa Awang Bangkal Barat Contoh Desa Mandiri Berpotensi di Kalsel

Banjarbaru, infobanua.co.id - Kolaborasi antara pemerintah dan swasta/ lembaga non pemerintah disertai dengan komitmen masyarakat…

4 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison Group dan Accenture Dorong Percepatan Kedaulatan AI Cloud untuk Gerakkan Masa Depan Digital Indonesia

Jakarta, 17 September 2024 - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin…

4 jam ago