infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara Pemkab PPU Akan Terapkan Sistem Pertanian Organik

Pemkab PPU Akan Terapkan Sistem Pertanian Organik

PENAJAM, Infobanua.co.id – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menerapkan sistem pertanian dengan cara organik.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan (PPU) Arief Murdiyatno, mengatakan daerah Benuo Taka memiliki banyak potensi dalam memproduksi pupuk organik seperti dari peternakan, limbah pertanian dan dari sawit seperti Tangkai Kosong (Tangkos).

“Jadi semua bisa kita produksi untuk unsur organik yang bisa kita terapkan nanti di sawah kita, di multikultur dan juga sayur,” ujarnya. Senin (29/07/2029).

Tentunya penerapan tanaman organik perlu aturan melalui Peraturan Daerah (Perda), Dinas Ketahanan Pangan masih menunggu pengesahan Perda oleh legislatif.

“Ini yang kita tunggu, nanti kalo sudah ada surat hukumnya kita bisa memulai, dan kita juga sudah mempunyai pilot project untuk pupuk organik,” ucap Arif.

Lanjutnya, pihanyak telah melakukan uji coba di persawahan yang ada di Gunung Mulya, dan dari uji coba tersebut bisa menaikan hasil peroduksi persawahan tersebut yang awas nya cuma menghasilka 3 ton perhektar bisa menjadi 5 sampai 6 ton perhekyarnya.

“Dengan menggunakan pupuk organik kita bisa menjaga dari pada tanah kita unsur hara kita dan tidak akan mengganggu kualitas tanah kita, tapi kalo kita menggunakan pupuk kimia kualitas tanah kita akan menurun,” terangnya. (is/ib/adv)

Reporter :  Ipan Saputra
Editor : Syahid Rahman

Bagikan:

Iklan