infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Krisis Air Bersih Wilayah Selatan Harus Teratasi

Krisis Air Bersih Wilayah Selatan Harus Teratasi

Anggota DPRD Kotim, Rudianur (Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rudianur minta Pemerintah Daerah harus dapat memberikan penanganan yang cepat dan tepat bagi warga di wilayah Selatan yang terus menerus mengalami krisis air bersih, terutama ketika musim kemarau.

“Saya berharap Pemerintah Daerah dapat terus memberikan pasokan air bersih agar warga bisa mendapat tetap mengkonsumsi air yang layak konsumsi terutama ketika musim kemarau terjadi,” ujarnya.

Menurut Rudianur setiap memasuki musim kemarau yang panjang , sejumlah Kecamatan di Selatan seperti Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Utara dan Teluk Sampit akan mengalami krisis air bersih. Biasanya kalau air mulai asin warga setempat akan menggunakan air hujan hasil penampungan tapi karena tidak turun hujan ketersediaan air hujan juga diprediksi sudah habis apabila hujan tidak kunjung turun. Sehingga dikhawatirkan jika tidak ada air yang dipasok dari Kabupaten maka warga setempat akan tetap mengkonsumsi air yang kondisinya asin dan tidak higienis.

“Tentunya air yang seperti itu tidak baik untuk kesehatan dan berisiko besar membuat diare. Kita berharap ini tidak terjadi terutama untuk anak-anak kita disana ,” katanya.

Dirinya juga mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah yang saat ini secara bertahap telah menyediakan jaringan untuk penyambungan air bersih. Namun dirinya berharap program tersebut dapat secara bertahap dilakukan sehingga semua warga di Kecamatan Selatan dapat menikmati akses air bersih di rumah masing-masing.

Zainal.

Bagikan:

Iklan