infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Bupati Hadiri Acara Evaluasi, Konsuldasi Tugas Fungsi Damang, Mantir Batamad Serta Kewenangan DAD Kecamatan

Bupati Hadiri Acara Evaluasi, Konsuldasi Tugas Fungsi Damang, Mantir Batamad Serta Kewenangan DAD Kecamatan

Bupati Kotim sekaligus Ketua Umum DAD Kotim, Halikinnor.(nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Bupati Kotim sekaligus Ketua Umum DAD Kabupaten Kotawaringin Timur, Halikinnor Bersama rombongan hadiri acara Evaluasi, Konsuldasi Tugas Fungsi Damang, Mantir Batamad Serta Kewenangan DAD Kecamatan di Pulau Hanaut, Minggu (8-9-2024).

Hadir dalam acara tersebut camat Pulau Hanaut, Kapolsek Pulau Hanaut, Danposramil Pulau Hanaut, Ketua DAD Kecamatan, Kepala Batamad Pulau Hanaut, Damang dan Mantir Pulau Hanaut, Tokoh masyarakat serta tokoh Agama.

Diselenggarakannya kegiatan ini menurut Bupati Kotim sekaligus ketua Umum DAD Kotim, Halikinnor dianggap perlu bahwa keberadaan Lembaga adat Dayak termasuk di dalamnya dewan Adat Dayak Damang, Mantir dan Batamad adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Lahir dan terbentuknya Lembaga Dayak ini berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Kotim No.6 Tahun 2012 tentang kelembagaan adat Dayak dan di dorong oleh latar belakang sejarah terutama kesepakatan damai Tumbang Anoi sehingga masyarakat adat Dayak bertekad membangun kesejahteraan memperdayakan masyarakat adat Dayak.

“Perlu diketahui kesepakatan di Tumbang Anoi Tahun 1894 merupakan perintis semangat juang. Semangat pembaharuan dan semangat tata krama perdamaian.”ujar Ketua Umum DAD Kotim, Halikinnor.

Maka dari itu ungkap Ketua Umum DAD Kotim, dapat dijelaskan bahwa Lembaga adat Dayak di Kotim dibentuk untuk berupaya menjaga, memelihara, melestarikan dan lebih memperdayakan keberadaan masyarakat adat Dayak beserta budaya dan hukum adatnya.

“Terlebih di zaman globalisasi ini DAD, Damang, Mantir dan Batamad harus bersinergi dengan pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan.”jelasnya dan ditambahkannya oleh ketua umum DAD Kotim berharap semua pihak sama sama menjaga keamanan dilingkungannya masing masing.

Zainal.

Bagikan:

Iklan