infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur DLH Kotim Bersama Dinas Kehutanan Provinsi Adakan Giat Penanaman Pohon

DLH Kotim Bersama Dinas Kehutanan Provinsi Adakan Giat Penanaman Pohon

Penamanan pohon berbagai jenis buah buahan oleh Kadis Kehutanan Prov Kalteng bersama Dinas Lingkungan Hidup Kotimndilingkungan UPTD Pengelolaan sampah di Jalan Sudirman Km.14 (nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Dalam rangka Bulan Menanam Pohon Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023, Rabu (6-12-2023) Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan menanam pohon di halaman kantor UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit tepatnya di Jalan Sudirman Km.14.

Hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, Bupati Kotim yang diwakili oleh Kabag SDA Kabupaten Kotim, Kadis Kehutanan Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim, Kepala organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah Kabupaten Kotim, Camat MB Ketapang, Camat Baamang, Pejabat esselon II Lingkup pemerintah Kotim, Lurah Baamang Barat, Lurah Pasir Putih, Kepsek SMA,SMK, SMP dan MTSn.

Dalam acara kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim, Makmur dalam sambutannya menyampaikan bahwa menanam pohon menurutnya suatu kebaikan sekaligus memperbaiki fungsi ekologis juga memperbaiki lingungan hidup yang sehat.

Dalam kesempatan itu juga Makmur mengajak semua lapisan Masyarakat untuk menanam pohon sedini mungkin dikarenakan dengan menanam pohon akan bermanfaat untuk berbagai fungsi menjaga keseimbangan ekologis serta meningkatkan mutu lingkungan (udara) dalam hal mitigasi Upaya untuk memperbaiki mengembalikan fungsi hutan sebagai pengendali banjir, longsor dan erosi.

“Disini kita bersama tim kehutanan provinsi Kalimantan Tengah melakukan kegiatan menanam 300 pohon jenis buah buahan disekitar Lingkungan UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit tepatnya di Jalan Sudirman Km.14.”Ujar Kadis DLH Kotim, Makmur melalui telpon selularnya.

Kadis DLH Kotim, Makmur juga berharap dukungan dan Kerjasama secara teknis pada pelaksanaan program pada kegiatan Rehabilitas Hutan dan Lahan di Kabupaten Kotim, bukan hanya sampai disini saja, menurutnya masih banyak kegiatan penghijauan lingkungan lainnya misalnya RTH, TAHURA, Penghujauan kanan kiri Jalan maupun penghijauan pada lingkungan sekolah.

“Dengan adanya penanaman pohon jenis buah buahan ini, kedepannya bisa dinikmati hasilnya oleh generasi yang akan datang,” harapnya.

Sementara sambutan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, yang dibacakan oleh Kabid pengelolaan DAS dan RHL Dishut Provinsi Waluyo mengatakan bahwa kegiatan semacam ini merupakan agenda rutinntahunan Pemerintah Provinsi Kalteng, yang mana sejak tahun 2021 telah terbangun sinergitas bersama dengan berbagai pihak baik TNI/Polri, instansi pemerintah lainnya seperti kabupaten,kecamatan, kelurahan maupun desa.

“Kegiatan menanam bersama ini merupakan bagian dari program kegiatan rehabilitas lahan yang ada khusus di Kalteng.”Tegas Kadis Kehutanan Provinsi Kalteng dan langsung membuka kegiatan penanaman pohon dalam rangka Bulan Menanam Pohon Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Zainal.

Bagikan:

Iklan