infobanua.co.id
Beranda BANJAR Agriterra Indonesia dan DKUMPP Banjar Dorong Koperasi Menuju Pasar Global

Agriterra Indonesia dan DKUMPP Banjar Dorong Koperasi Menuju Pasar Global

Kepala DKUMPP Banjar, I Gusti Made Suryawati

Martapura, infobanua.co.id – Untuk memperkuat dan mengembangkan koperasi di Kabupaten Banjar, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUMPP) bersama Agriterra Indonesia melakukan kunjungan lapangan ke beberapa koperasi pada Rabu (11/9/2024). Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi di sektor pertanian.

Agriterra Indonesia, lembaga internasional yang fokus pada pendampingan koperasi pertanian, bekerja sama dengan DKUMPP Banjar untuk mendukung modernisasi dan penguatan koperasi melalui Penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Agriterra. Program ini berfokus pada pengembangan koperasi pertanian hingga tahun 2025.

Kepala DKUMPP Banjar, I Gusti Made Suryawati, menyatakan komitmennya dalam mendukung penguatan koperasi sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat. “Dengan meningkatkan kapasitas koperasi, kita bisa membangun jaringan yang kuat, mempermudah akses ke sumber daya, informasi, dan pasar. Inisiatif ini penting untuk membentuk sistem koperasi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Made.

Ia juga mengajak seluruh pengurus koperasi untuk terus berinovasi dan siap bersaing di pasar yang lebih luas. “Dengan dukungan pelatihan dan pendampingan dari Agriterra Indonesia, diharapkan pengurus koperasi mampu memahami manajemen usaha yang baik, mengakses teknologi modern, dan memasarkan produk mereka secara efektif,” tambahnya.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan, pengurus koperasi telah mendapatkan sosialisasi dari Agriterra Indonesia di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Banjar. Pada kunjungan tersebut, Cooperative Advisor Agriterra Indonesia, Anggita Kharisma, melakukan penilaian terkait usaha, keanggotaan, keuangan, serta rencana pengembangan koperasi.

Tiga koperasi yang menjadi tujuan kunjungan adalah Koperasi Produsen Berkat Datu Kelampaian di Astambul, Koperasi Perikanan Sinar Harapan, serta Koperasi Pegawai Republik Indonesia Mina Sejahtera di Karang Intan. Pendampingan ini diharapkan dapat membawa koperasi-koperasi di Kabupaten Banjar bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan