Categories: Berau

14,2 Ton Ikan Irau Manutung Jukut di Hari Jadi ke-71 Berau dan HUT ke-214 Kota Tanjung Redeb

BERAU, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Berau kembali menggelar Irau Manutung Jukut ke-8 Tahun 2024, di Tepian Segah Jl. Ahmad Yani, Senin (16/9/2024). Sebanyak 14,2 ton ikan yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Berau. Acara ini, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Berau dan Hari Ulang Tahun ke-214 Kota Tanjung Redeb.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan, Pemerintah Berau terus berkomitmen menggalakan dukungan terhadap potensi perikanan laut dan umum di Berau serta, kesejahteraan nelayan. Dukungan itu menyatu dalam berbagai program bantuan dan pelatihan yang telah dibuat. Dengan memiliki potensi perikanan yang luar biasa besar. Hal itu dapat dilihat dari hasil produksi perikanan laut itu yang mencapai 35.000 ton per tahun.

Potensi penangkapan perairan umum 8.950 ton per tahun dan potensi budidaya ikan sebesar 32.345 ton per tahun dan dari hasil produksi sektor perikanan merupakan sebuah keberkahan yang patut disyukuri oleh masyarakat. Karena itu, dukungan dan perhatian yang besar harus terus ditingkatkan.

“Kami sangat memberikan perhatian lebih kepada sektor perikanan terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat, juga program pencegahan stunting,” terangnya.

Diakuinya bahwa demi mendukung potensi perikanan serta kesejahteraan nelayan tersebut, Pemkab Berau pada tahun ini telah merealisasikan sejumlah program. Program-program itu diwujudkan dalam berbagai jenis bantuan dan pelatihan.

“Kami jalankan sejumlah program antara lain program bantuan mesin kapal 1.004 unit untuk 9 kelompok, kemudian bantuan alat tangkap sebesar 360 set kepada 3 kelompok,” bebernya.

Tak hanya itu, Pemkab Berau telah memberikan perlindungan terhadap para nelayan yang rentan dalam bentuk asuransi ketenagakerjaan dengan anggaran yang bersumber dari APBD Berau. Jumlah nelayan rentan yang telah menerima asuransi sejumlah 790 orang. Kemudian peningkatan sarana prasarana untuk pelelangan ikan di Sambaliung dan Tanjung Batu. Bantuan kolam terpal sebanyak 20 unit kepada 4 kelompok. Bantuan benih 112.000 ekor dan pakan 9.700 untuk 8 kelompok.

Pemkab Berau telah merealiasikan program peningkatan sarana-prasarana BBI Bedungan sebanyak 9 paket dan alat pengolahan sebanyak 17 unit untuk 7 kelompok. Berikutnya memberikan bimbingan dan pelatihan kepada 10 nelayan, 32 pembudidaya, dan 80 pengelola hasil perikanan.

“Ini merupakan program yang sangat luar biasa yang mendukung para nelayan demikian juga mendukung potensi kelautan,” ujar Bupati. ( Ski Adv)

infobanua

Recent Posts

Gubernur Kalsel Luncurkan Kurikulum Pelestarian Ekosistem Gambut

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, atau akrab disapa Paman Birin, meresmikan…

10 menit ago

Kalsel Expo 2024: Meriahkan Hari Jadi ke-74 Kalsel dengan Tema “Cinta Babussalam”

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, secara…

26 menit ago

Bupati Saidi Mansyur Resmikan Kantor Desa Pingaran Ulu, Tingkatkan Infrastruktur dan Partisipasi Masyarakat

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, didampingi Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas,…

1 jam ago

Banjar Expo 2024 Resmi Dibuka, Dorong Sinergi dan Kolaborasi untuk Kemajuan

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, bersama Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyi…

2 jam ago

Kerja sama XL Axiata Business Solutions dan Quest Motors Terapkan Solusi Digital Untuk Motor Listrik

Melalui solusi digital dari XL Axiata Business Solutions, motor listrik Quest, akan mampu memberikan pengalaman…

2 jam ago

Wali Kota Aditya Terima Penghargaan Green Leadership dari Kementerian LHK

BANJARBARU, infobanua.co.id - Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti Ariffin, menerima penghargaan bergengsi "Green Leadership…

2 jam ago