infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Pemerintah Daerah Diminta Serius Tanggulangi Bencana Karhan

Pemerintah Daerah Diminta Serius Tanggulangi Bencana Karhan

Rimbun anggota DPRD Kotim.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Anggota DPRD Kotim Rimbun meminta pemerintah daerah itu untuk lebih serius melakukan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan agar bencana kabup asap tidak terjadi parah.

“Bencana kabut asap yang terjadi di Kalteng pada tahun-tahun sebelumnya harus menjadi pelajaran berharga karena merugikan perekonomian maupun kesehatan masyarakat banyak,” katanya.

Rimbun berharap penanggulangan Karhutla Pemkab Kotim juga melibatkan masyarakat di sekitar pedesaan dan seluruh komponen lainnya. Politisi asal PDI Perjuangan itu berharap dalam pencegahannya pemerintah bisa bergerak cepat dengan membentuk tim pengendalian berbasis masyarakat.

Menurut Rimbun, pengendalian karhutla dengan membentuk organisasi masyarakat peduli api di setiap desa dan juga segera melakukan sosialisasi tentang regulasi yang mengatur pembakaran lahan diharapkan dapat menekan terjadinya Karhutla.

Menyadarkan masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar dan memberi sanksi berat terhadap pelaku maupun perusahaan diharapkan tidak lagi terjadi Karhutla dan bisa terhindar dari bencana kabut asap.

“Saya yakin Kalteng mampu mengatasi karhutla dan tidak terjadi lagi bencana kabut asap. Yang terpenting adalah tetap fokus dan serius melakukan pencegahan dan penanganan,” katanya.

Zainal.

Bagikan:

Iklan