infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Pemerhati : “Tidak Ada Celah Bagi KPU Kabupaten Karawang Untuk Tidak Netral”

Pemerhati : “Tidak Ada Celah Bagi KPU Kabupaten Karawang Untuk Tidak Netral”

Karawang, infobanua co.id – Kontestasi politik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang sudah semakin dekat. Pasca penetapan dari Bakal Calon (Bacalon), menjadi calon. Hingga pengunduan nomor urut, sudah dilakukakn oleh seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) disetiap daerah. Baik KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Netralitas KPU sebagai penyelenggara disetiap kontestasi politik selalu menjadi perhatian khusus. Hanya saja kecurigaan tersebut minim sekali terjadi disetiap momentum politik praktis dilevel mana pun.

Seperti halnya yang diutarakan oleh pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan, “Diera demokrasi yang serba terbuka seperti sekarang ini, sangat sulit rasanya bagi penyelenggara untuk mendapatkan celah bermain dalam kecurangan,” Kamis, (26/9/2024).

“Isu soal dugaan ketidak netralan penyelenggara dari sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2014 itu sudah berhembus. Jadi, hal yang sangat wajar adanya dugaan – dugaan tersebut, yang terpenting tidak terjadi,” Ungkapnya

Masih kata Andri, “Bagi saya pribadi, khususnya KPU Kabupaten Karawang diyakini memiliki integritas yang sangat tinggi dalam menjaga netralitasnya. Karena memang dijaman keterbukaan informasi publik ini, sekali pun ada oknum yang mau bermain, celahnya sangat sulit,”

“Sebaiknya mari kawal secara bersama – sama. Karena selain adanya lembaga tertentu yang mendapatkan kapasitas melakukan pengawasan, dan memiliki otoritas dalam melakukan tindakan. Kita sebagai masyarakat memiliki kemudahan untuk mengexpose hal apa pun ke ruang publik, yang terpenting buktinya konkret dan akurat,” pungkasnya.

Iswanto/IB

Bagikan:

Iklan