infobanua.co.id
Beranda KALTIM Berau Diskusi Publik Penyusunan Dokumen Kajian Resiko Bencana

Diskusi Publik Penyusunan Dokumen Kajian Resiko Bencana

BERAU, infobanua.co.id – BPBD Berau menyelenggarakan Diskusi Publik tentang Penyusunan Dokumen Kajian Resiko Bencana 2025-2029, di RPJPD Bapelitbang, Jum’at (27/09/2024). Diskusi ini dibuka oleh Sekkab Berau, Muhamad Said. Menghadirkan narasumber Made Susmayadi dari lembaga Studi Pancasila Universitas Gajah Mada.

Dikatakan Sekkab M. Said, hal ini merupakan wujud komitmen untuk membangun daerah yang tangguh dan siap menghadapi segala potensi risiko bencana dan penyempurnaan dokumen KRB sesuai dengan kondisi terkini di Kabupaten Berau. Kajian risiko bencana merupakan dasar untuk menjamin keselarasan arah dan efektivitas penyelenggaraan penanggulangan suatu bencana.

“Mari bersama – sama bertanggung jawab dengan dokumen Kajian Risiko Bencana. Dimana, kajian ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, namun juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat,” ujarnya.

Diskusi publik atau diskusi teknis dokumen kajian risiko bencana menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa masukan dari berbagai pihak telah diperhitungkan dengan baik. Pentingnya mitigasi bencana untuk mengurangi dampak dan risiko dari bencana yang tidak dapat kita prediksi dan edukasi kepada masyarakat dalam menerima informasi tentang bencana dapat meminimalisir kekhawatian dalam menghadapi bencana. Selain itu BPBD Kabupaten Berau mengundang 40 Instansi lintas sektor termasuk dalam pentahelix bencana. (Adv/Aj/Ski)

Bagikan:

Iklan