Categories: BANJAR

Lima Sekolah di Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2024

Martapura, infobanua.co.id – Lima sekolah di Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Menteri LHK Alue Dohong di Jakarta pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Sekolah-sekolah yang meraih penghargaan tersebut adalah MAN 3 Banjar, SDN Sungai Tabuk Kota 1, SMPN 2 Sambung Makmur, SMPN 2 Sungai Tabuk, dan SMPN 7 Karang Intan. Keberhasilan ini menandai komitmen kuat mereka dalam menerapkan prinsip-prinsip lingkungan yang berkelanjutan.

Wamen LHK Alue Dohong menyampaikan bahwa jumlah penerima penghargaan Adiwiyata meningkat signifikan, mencapai 30,43 persen. Dari 552 sekolah pada tahun 2023, jumlahnya melonjak menjadi 720 sekolah pada tahun 2024. “Peningkatan ini menunjukkan bahwa semakin banyak sekolah yang menerapkan praktik dan perilaku ramah lingkungan,” ujarnya.

Dari total 720 sekolah, 208 di antaranya menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri dari 22 provinsi, sedangkan 512 sekolah memperoleh Adiwiyata Nasional dari 31 provinsi. Alue berharap bahwa perilaku ramah lingkungan ini akan memberikan dampak positif terhadap kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

“Capaian ini menjadi langkah penting dalam percepatan Indonesia untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030, mempersiapkan bangsa menuju Indonesia Emas tahun 2045, serta mencapai karbon netral pada tahun 2060 atau lebih cepat,” tambahnya.

Alue juga menekankan bahwa ke depan, akan ada pengembangan untuk lebih banyak sekolah, termasuk tingkat SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga SMA dan Madrasah Aliyah (MA), agar dapat berinovasi dalam mendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Anggota DPRD Kotabaru H Abidin Daeng Mapoji Laksanakan Reses Tahap ll

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Komisi II dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H. Abidin…

4 jam ago

Syahrani Akomodir Aspirasi Warga dalam Reses di Kelumpang Hulu

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Syahrani, melaksanakan reses tahap II di Kecamatan Kelumpang Hulu dengan…

4 jam ago

Lutfi Ali Soroti Tingginya Kecelakaan di Tikungan Menanjak Desa Baharu

Kotabaru, infobanua.co.id - Jalan tanjakan Baharu desa Baharu Utara Kecamatan Pulau Laut Sigam kembali terjadi…

4 jam ago

Pilihan Tepat untuk Nunukan: Basri-Hanafiah Siap Bawa Perubahan

Nunukan, infobanua.co.id - Kampanye perdana pasangan H. Basri dan H. Hanafiah (BAHAGIA) di Gedung Amalia,…

6 jam ago

Komisiner KPUD Kotim, Tinjau TPS Loksus Pilkada Serentak 2024

Sampit, infobanua.co.id - Dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang, Komisioner KPUD Kab.…

6 jam ago

SMK Muda Kreatif Barabai Gelar LDKPD Fokus Pengelolaan Media Sosial

BARABAI, infobanua.co.id - SMK Muda Kreatif Barabai sukses melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik (LDKPD)…

12 jam ago