infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Sidang terbuka Senat UNSIKA dalam puncak rangkaian acara Dies Natalis Penegerian UNSIKA ke 10

Sidang terbuka Senat UNSIKA dalam puncak rangkaian acara Dies Natalis Penegerian UNSIKA ke 10

Karawang, infobanua.co.id – Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan Dies Natalis Ke-10 Penegerian UNSIKA diawali dengan pelaksanaan Ziarah ke Makam Raden Adipati Singaperbangsa yang dilaksanakan pada hari Jumat (4/10/2024).

Dilanjutkan dengan pelaksanaan Gala Dinner dihari yang sama. Kemudian pelaksanaan turnamen tenis Piala Rektor UNSIKA pada Sabtu (5/10/2024). Orasi ilmiah serta UNSIKA award pada puncak pelaksanaan Dies Natalis Ke-10 UNSIKA yang di laksanakan pada Senin (7/10/2024) di Aula Syekh Quro Universitas Singaperbangsa Karawang.

Pembukaan pelaksanaan Ziarah Makam Raden Adipati Singaperbangsa Karawang, yang dilaksanakan pada Jumat (4/10/2024), dihadiri oleh civitas akademika UNSIKA, Juru Pelihara Makam, Tim Ahli Cagar Budaya Karawang, anak-anak yatim piatu dan hadir pula keturunan dari Adipati Singaperbangsa Raden Tedy Zakaria.

Pada kegiatan ziarah ini, Juru Pelihara Makam, Cahya Permana, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kegiatan ziarah dalam rangka Dies Natalis Penegerian UNSIKA ke 10, dan berharap ziarah ini akan menjadi kebiasaan positif bagi seluruh civitas akademika UNSIKA dan Masyarakat Karawang pada umumnya.

Selanjutnya acara diisi dengan paparan singkat mengenai Sejarah Adipati Singaperbangsa Karawang oleh Obar Subarja M.Pd, yang merupakan Pegiat Sejarah Karawang dan anggota dari Tim Ahli Cagar Budaya Karawang (TACB).

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Unsika Prof. Dr. Ade Maman Suherman. S.H., M.S.c. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan sebagai pengingat supaya tidak melupakan sejarah terutama kepada tokoh yang berperan dalam pendirian Universitas Singaperbangsa Karawang. Acara di lanjutkan dengan santunan berupa peralatan sekolah kepada 50 anak yatim yang juga diundang pada acara tersebut.

Selanjutnya Perayaan Dies Natalis Ke-10 Penegerian UNSIKA juga diisi dengan pelaksanaan Gala Dinner Pertandingan Tenis Lapangan Piala Rektor UNSIKA yang dihadiri oleh para guru besar yang tergabung dalam Asosiasi Tenis Profesor, Organ pimpinan UNSIKA, Dharma Wanita Persatuan Universitas Singaperbangsa Karawang, Branch Manager Bank BTN Cabang Karawang, dan Persatuan Tenis Seluruh Indonesia Kabupaten Karawang serta beberapa Instansi dan perwakilan dari perusahaan-perusahaan ternama, yang dilaksanakan di Aula Syekh Quro UNISKA.

Kegiatan Gala Dinner ini merupakan penyambutan bagi para peserta Kejuaran Tenis Rektor UNSIKA dan sebagai ajang silatuhami dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke-10 Penegerian Unsika.

Kegiatan Dies Natalis Ke-10 Penegerian UNSIKA dilanjutkan dengan Pertandingan Tenis Lapangan yang dilaksanakan dengan beberapa Kategori yaitu, Double (Antar Professor se-Nasional), antar instansi, kategori U-90 minimal usia 40 tahun se Purwakarta, Karawang, Bekasi, Subang. Pemerintahan, TNI, POLRI, BUMN, BUMD, dan swasta dan kategori internal dosen dan Staf Se-Universitas Singaperbangsa Karawang.

Puncak rangkaian acara Dies Natalis Ke-10 Penegerian UNSIKA dilaksanakan pada Senin (7/10//2024). Acara dihadari oleh civitas Akademika UNSIKA, Purna Bakti UNSIKA, para stakeholder dan perwakilan masyarakat di sekitar kampus UNSIKA. Acara diawali dengan Sidang terbuka Senat UNSIKA, dilanjutkan dengan Pidato Rektor UNSIKA, persembahan lagu-lagu dari Paguyuban Rakyat Seni UNSIKA (Parasika).

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai kewenangan melaksanakan Pendidikan tinggi, dalam acara tersebut juga disampaikan orasi Ilmiah yang di sampaikan oleh Siti Latifatus Siriyah, S.Si., M.Sc., Ph,D. yang baru saja menyelesaikan studi S3 di Tunghai University, Taiwan dengan judul Monitoring Arthropoda Tanah Sebagai Evaluasi Dampak Stretegi Pengendalian Hama.

Dalam kesempatan ini pun dilakukan pemberian santunan kepada 43 Anak yatim piatu yang berada di lingkungan UNSIKA 1 dan 2 serta anak yatim piatu dari pegawai UNSIKA, hal ini sesuai dengan motto UNSIKA yang Humanis, Berdaya saing dan Mendunia.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada purna bakti UNSIKA, Dosen dan Mahasiswa berprestasi UNSIKA kemudian Rangkaian acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang. (red).

Bagikan:

Iklan