infobanua.co.id
Beranda Daerah PJ Walikota Tegal Tinjau Pangan Pasar Murah di Kelurahan Panggung

PJ Walikota Tegal Tinjau Pangan Pasar Murah di Kelurahan Panggung

Kota Tegal, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang kali ini dilaksanakan di Halaman Kantor Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKP3) Kota Tegal, Sirat Mardanus, Camat Tegal Timur dan Lurah se-Kecamatan Tegal Timur meninjau langsung pelaksanaan Gerakan Pangan Murah tersebut pada Rabu (16/10/2024) pagi.

Dalam kegiatan GPM tersebut disediakan 200 paket bahan pangan yang terdiri dari beras SPHP seharga Rp57.000/5 kg, gula seharga Rp16.500/kg, minyak goreng seharga Rp15.500/liter dan telur seharga Rp24.500/kg.

Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri dalam kesempatannya mengatakan, kegiatan Gerakan Pangan Murah merupakan bentuk bantuan pemerintah untuk masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang terbatas.

“Harga-harganya memang lebih murah dari pasar karena kita mengambil dari distributor. Misalnya telur. Telur ini dipasar antara Rp25.500 atau Rp26.000 di sini kita jual 24.500, karena distributornya sengaja kita datangkan kesini mendekatkan dari sumber ke konsumen. Beras juga yang disediakan dari Bulog, minyak dan gula itu memang program dari pemerintah yang disubsidi sehingga masyarakat membeli dengan murah,” kata Dadang.

Pj. Wali Kota berharap dengan 200 paket bahan pangan yang disediakan dalam GPM ini dapat bermanfaat untuk masyarakat. Di samping itu pihaknya juga akan terus mencoba melakukan pemerataan di berbagai wilayah di Kota Tegal sesuai dengan kapasitas yang ada di Pemerintahan.

Dalam kesempatan tersebut Dadang juga menyampaikan bahwa program GPM ini akan terus dilakukan namun juga ada kendala karena ada pembatasan pada subsisi pemerintah.

“Tahun ini sudah 20 kali tetapi kalau masih terjadi lonjakan-lonjakan harga, kita bisa mengajukan permohonan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk mendapatkan tambahan subsidi supaya masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dengan harga pasar,” pungkas Dadang Somantri.

Selain meninjau pelaksanaan GPM, Pj. Wali Kota juga turut meninjau bantuan makanan bergizi untuk balita dari Rumah Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang dikelola oleh kader PKK Kelurahan Panggung, dan juga meninjau Perpustakaan Lestari serta Tanaman Cabai yang ada di area Kantor Kelurahan Panggung.

(Diyarni )

Bagikan:

Iklan