infobanua.co.id
Beranda Daerah Sosialisasi Peningkatan Partisipasi pemilih terus digelar, Kali Ini Bawaslu Pessel Libatkan Kalangan Disabilitas

Sosialisasi Peningkatan Partisipasi pemilih terus digelar, Kali Ini Bawaslu Pessel Libatkan Kalangan Disabilitas

Kegiatan yang dihadiri oleh siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Nagari 1 Painan, SLB Lengayang, dan SLB Linggo Sari Baganti

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan penguatan pemahaman bagi penyandang disabilitas terkait pemilihan serentak 2024, pada Rabu (23/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran di kalangan disabilitas dalam pengawasan pelaksanaan pemilu, sebagai wujud komitmen inklusi dalam proses demokrasi.

Kegiatan yang dihadiri oleh siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Nagari 1 Painan, SLB Lengayang, dan SLB Linggo Sari Baganti ini disambut antusias oleh para peserta.

Selain itu, turut hadir para kepala sekolah yang mendampingi siswa disabilitas, Syafrizal Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi Pendidikan Pelatihan, KPU Pessel serta para awak media yang bertugas di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada kesempatan ini, Bawaslu Pessel menekankan pentingnya peran serta penyandang disabilitas dalam memastikan pemilu berjalan adil, jujur, dan transparan.

Sebab, sebagai warga negara semua teman-teman disabilitas wajib dilibatkan sebagai peserta pemilu bahkan berperan dalam tingkat pengawasan demi terwujudnya pemilu damai.

“Kami ingin memastikan bahwa saudara-saudara kita dari kalangan disabilitas tidak hanya menjadi peserta pemilu, tetapi juga turut berperan dalam pengawasan, sehingga mereka merasa dihargai dan dilibatkan secara penuh dalam proses demokrasi,” ujar ketua Bawaslu Pessel diwakili oleh Nurmaidi dalam sambutannya

Selain memberikan sosialisasi mengenai hak-hak mereka dalam pemilu, Bawaslu juga memaparkan langkah-langkah teknis terkait aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, baik sebagai pemilih maupun pengawas.

Hal ini merupakan bagian dari upaya menciptakan pemilu yang inklusif dan ramah bagi semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas. Sekali lagi ditegaskan bahwa semua memiliki hak yang sama dan memiliki kesempatan yang sama dalam pemilihan serentak tahun ini.

Seorang perwakilan dari SLB Nagari 1 Painan menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian yang diberikan Bawaslu terhadap para penyandang disabilitas.

“Kami merasa bangga bisa ikut berkontribusi dalam pengawasan pemilu. Ini adalah bentuk pengakuan bahwa kami juga bisa berperan aktif dalam pembangunan demokrasi,” ungkapnya.

Dengan adanya program ini, Bawaslu Pessel berharap partisipasi penyandang disabilitas dalam pengawasan pemilu serentak 2024 dapat meningkat, sehingga proses pemilu bisa lebih transparan dan inklusif.

“Kami percaya bahwa pemilu yang baik adalah pemilu yang melibatkan semua elemen masyarakat tanpa terkecuali,” tutup perwakilan Bawaslu.

Langkah proaktif ini menunjukkan komitmen Bawaslu dalam membangun kesadaran akan pentingnya peran disabilitas dalam proses pemilu, yang diharapkan bisa membawa perubahan positif dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pengawasan demokrasi.

“Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan peningkatan partisipasi masyarakat seluruhnya tanpa ada yang dibedakan,” tutupnya.

IB

Bagikan:

Iklan