infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Program JKN Permudah Mariamah Dapatkan Layanan Kesehatan di Faskes

Program JKN Permudah Mariamah Dapatkan Layanan Kesehatan di Faskes

Banjarmasin – Mariamah, seorang ibu rumah tangga berusia 32 tahun, merasa sangat terbantu dengan adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sebelum ada program ini, masalah biaya perawatan kesehatan selalu menjadi kendala besar baginya, baik untuk dirinya sendiri maupun keluarga. Namun, sejak bergabung dengan JKN, Mariamah merasa lebih tenang dan tidak lagi khawatir soal biaya berobat.

“Saya dulu sering cemas kalau harus berobat, apalagi kalau ada yang harus dirawat inap. Biaya rumah sakit bisa sangat mahal, apabila harus diminta langsung membayar biaya sebesar itu pastinya cukup terbebani. Tapi sejak ada Program JKN, semuanya terasa lebih mudah. Saya merasa sangat terbantu, terutama dalam kondisi darurat,” ungkap Mariamah dengan rasa syukur.

Mariamah mengingat pengalaman pertamanya memanfaatkan Program JKN untuk perawatan serius.

“Beberapa waktu lalu saya pernah harus dirawat inap karena kondisi kesehatan saya yang dibilang cukup parah. Demam yang tidak kunjung turun hingga akhirnya saya tidak kuat lagi dan harus dibawa ke rumah sakit. Benar saja ternyata saya mengalami gejala tipes dan trombosit saya sudah sangat rendah. Awalnya saya khawatir biaya rumah sakitnya, tapi teringat saya sudah terdaftar sebagai Peserta JKN, kekhawatiran itu hilang semua. Saya tidak perlu pusing dengan biaya, jadi bisa lebih fokus pada proses penyembuhan,” ungkap Mariamah.

Keberadaan Program JKN telah memberikan kemudahan luar biasa dalam akses layanan kesehatan bagi Mariamah dan keluarganya. Bukan hanya untuk perawatan di rumah sakit, namun juga untuk kebutuhan berobat rawat jalan juga sering dimanfaatkan oleh Mariamah.

“Untuk berobat biasa, seperti pemeriksaan rutin atau obat untuk flu, saya juga selalu mengandalkan program ini. Tidak pernah ada masalah dengan biaya, dan layanan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan juga sangat baik. Prosesnya cepat, dan saya merasa dilayani dengan baik,” kata Mariamah.

Keberhasilan Program JKN dalam memberikan akses yang mudah, cepat, dan setara sangat dirasakan oleh Mariamah.

“Dulu saya juga sempat was-was dengan isu yang sering beredar bahwa Peserta JKN akan kesulitan jika mau berobat di fasilitas kesehatan. Ada yang bilang harus antri panjang dan kadang sulit mendapatkan jadwal dokter, atau kesulitan mendapatkan obat. Tapi setelah saya mengalaminya sendiri, saya berani menegaskan kalau isu itu semua tidak benar. Pelayanan yang saya terima sebagai Peserta JKN juga sangat baik dan tidak ada yang Namanya diskriminasi pelayanan, saya bisa langsung mendapat pelayanan tanpa menunggu lama. Bahkan kalau ada masalah mendesak, saya bisa langsung ditangani,” ujar Mariamah.

Tidak hanya soal biaya yang tidak lagi menjadi beban, Mariamah juga merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

“Dokter dan perawat di fasilitas kesehatan juga sangat ramah dan profesional. Mereka menjelaskan kondisi saya dengan sangat jelas, jadi saya tidak merasa bingung atau khawatir. Itu yang membuat saya merasa nyaman selama perawatan,” lanjutnya.

Sebagai peserta JKN, Mariamah merasa program ini benar-benar hadir untuk meringankan beban masyarakat. Ia berharap semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya, seperti dirinya. “Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Peserta JKN. Program ini benar-benar memberikan kemudahan, terutama bagi keluarga yang tidak selalu bisa mencakup biaya perawatan kesehatan yang tinggi. Semoga Program JKN bisa terus berkembang, agar semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati fasilitas kesehatan tanpa harus terbebani dengan biaya,” tutup Mariamah dengan penuh harapan.

 

Bagikan:

Iklan