infobanua.co.id
Beranda TAPIN Bupati Tapin Diminta Dapat Meningkatkan Produksi Pertanian dan Panen Jagung Perdana Di Lokpaikat

Bupati Tapin Diminta Dapat Meningkatkan Produksi Pertanian dan Panen Jagung Perdana Di Lokpaikat

RANTAU,- Pasca menghadiri rapat pertemuan dengan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo di kantornya dekat Kebun Binatang Ragunan simpang Mampang Prapatan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kembali ke Tapin, Bupati Tapin langsung saksikan panen jagung hibrida perdana di Desa Balonan Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Kamis (10/9). Petani di Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin ini berhasil menghasilkan benih jagung sendiri.

Bupati Tapin HM.Arifin Arpan mengatakan panen jagung perdana ini dinyatakan viral karena dihadiri banyak warga masyarakat Tapin terutama Lokpaikat sekitarnya.

“Panen jagung perdana ini dinilainya berpotensi menjadi objek wisata dan diharapkan petani kita dapat terus meningkatkan dan mengembangkan tanamannya yang tadinya dua kali tanam menjadi tiga kali tanam sehingga petani dan warga masyarakatnya sejahtera,”katanya.

Adapun terkait kunjungan ke Mentan RI di kantornya sekitar dekat Kebun Binatang Ragunan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Menteri Pertanian di dampingi Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Perkebunan, Badan SDM, Dirjen Hortikultura, dan Staf Ahli Mentan.

Dikatakan Bupati, Menteri Pertanian RI menyambut baik dan siap mendukung ketahanan pangan di Provinsi Kalsel Kabupaten Tapin dari hulu sampai ke hilir.

“Setelah panen jagung hibrida perdana ini, itu bakal dilakukan penanaman lagi untuk mencapai target tanam berikutnya yang diharapkan Mentan RI hadir,”katanya.

Kesimpulannya bahwa ketahanan pangan kita atas inisiatif Gurbenur Kalsel di Kabupaten Tapin dapat berjalan dengan lancar. “Hanya saja saran Menteri Pertanian RI bahwa kita bisa mengajak sekaligus memotivasi petani di Tapin untuk usaha tanamnya dalam setahun tiga kali tanam. Artinya tiga kali tanamnya 2 kali tanam padi dan 1 kali tanaman lain seperti tanaman jagung ini,”katanya.

Kemudian di kegiatan pertanian berikutnya Menteri Pertanian RI kita minta untuk dapat berkunjung ke Tapin dan meninjau kawasan ketahanan pangan di Kabupaten Tapin. “Mudahan-mudahan beliau ada kesempatan bisa datang ke sini,”katanya.

Selain itu juga, Gurbenur Kalsel atau kalau ada acara Pilkada, itu bisa diwakili Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel Ir.Syamsir Rahman ikut datang ke Tapin untuk hadir.

Dalam pertemuan kemarin kita juga melaporkan kondisi bendungan Pipitak Jaya Tapin yang saat ini presentasinya sudah hampir selesai. Dan tidak lepas kemungkinan mulai bulan depan sudah ditutup. Kemudian juga kita jelaskan program dari bendungan ini kita mendapatkan 6 ribu hektar yang bakal menambah areal luas tanam petani kita.

“Bendungan Pipitak Jaya ini amanah pemerintah pusat yang meminta kita untuk menjaga dengan baik program bapak Presiden dan tak lepas kemungkinan juga peresmian bendungan bakal dihadiri Bapak Presiden,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan