infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Gubernur Kalsel Serahkan Dana Hibah Rp 39 Miliar untuk ULM

Gubernur Kalsel Serahkan Dana Hibah Rp 39 Miliar untuk ULM

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, menyerahkan dana hibah dari Pemerintah Provinsi kepada Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebesar Rp. 39.046.000.000.

Bantuan dana hibah tersebut untuk pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Gigi yang terletak di Jalan Brigjen Hasan Basry Kayutangi.

Hibah diserahkan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini pada acara Dies Natalis ke-62 Universitas tertua di Pulau Kalimantan ini dan peletakan batu pertama pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Gigi, Senin (21/9).

Suasana Dies Natalis ke 62 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fakultas Kedokteran ULM.

“Dalam momen ini, semoga dapat semakin membangkitkan semangat civitas akademika dan alumni ULM untuk memberikan bakti terbaik bagi almamater, masyarakat dan Banua tercinta,” katanya.

Paman Birin menyatakan Pemprov Kalsel terus berupaya mendorong hadirnya pendidikan yang berkualitas, berdaya saing serta memberikan bekal untuk perwujudan masyarakat yang hidup dalam kemuliaan akhlak dan pengetahuan yang luas.

“Termasuk menghadirkan pendidikan yang melahirkan SDM dengan keterampilan khusus dan sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Orang Nomor Satu di Kalsel ini menambahkan ULM sebagai perguruan tinggi tertua di Kalimantan telah memiliki peran besar dalam pembentukan kualitas SDM di Kalsel. Menurutnya semakin bertambahnya pilihan program studi di ULM telah menjawab berbagai tantangan besar dalam dunia industri.

“Semakin terbukanya persaingan pendidikan didunia menjadikan lulusan perguruan tinggi sangat penting keberadaannya,” tuturnya.

Dan pada saat ini, kata Paman Birin, Kalsel memerlukan SDM yang berkualitas, unggul dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memenangkan kompetisi di era global saat ini. Ia juga sangat mengapresiasi ULM yang sudah merespon tantangan global dan dunia kerja dimana lulusan SDM ULM berkualitas, terampil, memiliki keahlian dengan tetap mengutamakan keimanan dan ketakwaan serta akhlak yang baik ketika terjun ke masyarakat.

“Sehingga sudah sewajarnya ULM mendapatkan dukungan dari Pemprov Kalsel,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi mengatakan, Pembangunan Gedung baru Fakultas kedokteran gigi merupakan langkah yang sangat strategis bagi ULM.

“Pembangunan gedung baru Fakultas Kedokteran Gigi merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Dan menjadi sangat membanggakan karena Gubernur Paman Birin yang melakukan peletakan batu pertamanya,” terang Sutarto Hadi.

Sutarto Hadi sangat mengapresiasi atas kepedulian sang Gubernur yang terus memberikan dukungan atas kemajuan ULM selama ini.

Sutarto pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama forum koordinasi pimpinan daerah Kalsel yang senantiasa kompak mensupport kampus kebanggaan masyarakat Banua Kalimantan Selatan itu.

Sutarto juga mengungkapkan rasa bahagianya setelah tahun ini ULM berhasil masuk klaster 2 perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2020 yaitu berada di peringkat 47 dari 2.136 perguruan tinggi yang aktif di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di klaster 2 ini ada 34 perguruan tinggi yang masuk. Sebelumnya ULM hanya berada di luar 50 besar dalam klasterisasi. Sehingga hanya menduduki klaster 3 pada tahun lalu.

“ULM satu-satunya perguruan tinggi di Kalimantan masuk klaster 2. Ini capaian sangat membanggakan selain prestasi Akreditasi A yang telah diraih,” tuturnya. (end)

Bagikan:

Iklan