infobanua.co.id
Beranda KALTARA Ranking Nilai Tertinggi KSN-P, Dua Siswa SMP Kabupaten Nunukan Mewakili Kaltara Kompetisi Sains Nasional

Ranking Nilai Tertinggi KSN-P, Dua Siswa SMP Kabupaten Nunukan Mewakili Kaltara Kompetisi Sains Nasional

Jumadi siswa SMPN 1 Nunukan dan Adyatma Ahnaf Hasanuddin siswa SMPIT Ibnu Sina Nunukan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud Nomor : 2322/J3/PD/2020 tanggal 22 Oktober 2020 ditetapkan sebagai peserta KSN Tingkat Provinsi Bidang IPS yang mendapat rangking nilai tertinggi dan masuk peringkat 5 besar, selanjutkan kepada kedua siswa tersebut bersama 3 siswa dari Kabupaten/Kota lainnya diberikan kesempatan untuk mewakili Provinsi Kaltara dalam ajang KSN Tingkat Nasional yang akan diselenggarapan pada tanggal 1 – 6 November 2020 di Jawa Barat.

Menurut H. Junaidi (Kadisdikbud Nunukan), dengan adanya Kompetisi Sains Nasional (KSN) diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk mengusasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk peserta didik yang tinggal di wilayah Border Area seperti Nunukan ini,

Selain sebagai sebuah setrategi untuk meningkatkan mutu Pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh peserta didik. Maka melalui system kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini dapat terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaik.

Selanjutnya H. Junaidi mengucapkan selamat dan sukses kepada kedua peserta didik asal Nunukan yang mendapat rangking tertinggi KSN Tingkat Provinsi dan akan mewakili Kaltara dalam KSN Tingkat Nasional. Dan juga tak lupa menguucapan terimakasih kepada Kepala Sekolah, Guru, Pembimbing, rekan-rekan Bidang Dikdas dan orang tua peserta didik yang telah memberikan support dan keserjasamanya serta berjibaku untuk membantu peserta didik dalam Seleksi KSN Tingkat Provinsi sehingga bisa memperoleh prestasi yang membanggakan.

Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dan menyebabkan dampak yang luar biasa dan luas hampir di semua sector, tidak terkeculai sector pendidikan, tidak menyurutkan langkah dan komitmen Disdikbud Nunukan dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan membangun  karakter peserta didik yang kuat dan tangguh terlebih dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dan inilah salah satu wujud nyata komitmen kita, peserta didik yang kita bina, kita dampingi, kita gembleng selanjutnya kita support untuk mengikuti Seleksi KSN-P yang notabene merupakan bagian dari penguatan Pendidikan karakter dan bisa menorehkan prestasi meskipun Pandemi Covid-19, ujar H. Junaidi.

Kepada kedua peserta didik.   Kadisdikbud Nunukan berpesan agar tidak berpuas hati dulu, terus belajar dengan giat, jaga Kesehatan dan manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk persiapkan mengikuti KSN Tingkat Nasional sehingga nantinya bisa mendapatkan prestasi terbaik dan mengharumkan nama kabupaten Nunukan propensi kalimantan utara di Level Nasional.

yusuf palimbongan/IB

Bagikan:

Iklan