infobanua.co.id
Beranda TAPIN Razia Masker, Ayo Pakai Masker

Razia Masker, Ayo Pakai Masker

RANTAU, infobanua.co.id – Ternyata benar apa yang dikatakan Bupati Tapin HM.Arifin Arpan bahwa kesadaran masyarakat Tapin untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan masih rendah. Hal ini terbukti terlihat di lokasi saat Operasi Yustisi Prokes yang dilakukan Tim Gabungan Protokol Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Tapin, Kamis (5/11) pagi.

Pantauan di lokasi razia masker banyak pengendara yang menerobos petugas laju dengan kecepatan kencang bahkan secara spontan ada memutar arah balik kendaraan lantaran takut melihat petugas melakukan razia masker didepan. Juga ada yang menghindar sejenak dari penglihatan petugas untuk mengenakan maskernya dikantong yang lupa terpasang untuk selanjutnya dapat melalui petugas yang berjaga.

Padahal razia ini dilakukan oleh Tim Gabungan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan GTPPC-19 Tapin untuk menyadarkan masyarakat dapat meningkatkan disiplin protokol kesehatan, sehingga terhindar dari penularan Covid-19.

“Masker lebih banyak di kantong mereka, tidak untuk dikenakan. Ketika mengetahui ada razia petugas, masker baru dikenakannya. Artinya, kesadaran masyarakat masih rendah. Kalau disiplin itu, paling tidak masker selalu dikenakan mulai dirinya keluar rumah sampai berjalan keluar hingga dirinya aman dari Covid-19, “kata Bupati Tapin.

Pihak Petugas Tim Gabungan Percepatan Penanganan Covid-19 Tapin ini sudah maksimal bekerja setiap harinya berkeliling untuk menyampaikan imbauan kepada warganya.

“Kasihan juga mereka, letih bertugas. Dan itu-itu saja pelanggar yang ditemuinya, dan hal ini paling sulit diatasi. Padahal untuk kebaikannya agar terhindar dari penularan Covid-19,”kata Bupati Tapin.

Senada Keterangan Mustafa Perwira Pengendali (Padal) Satpol PP-Damkar Kabupaten Tapin menyatakan dari hasil operasi yustisi protokol kesehatan yang dilakukannya di Kecamatan Tapin Utara.

“Kesadaran masyarakat terutama mereka yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker dinilai masih kurang. Untuk menyadarkan mereka, kita tim gabungan sudah giat melakukan operasi dalam sehari di tingkat kecamatan 2 kali, dan di tingkat Kabupaten 3 kali,”katanya.

“Kita memberikan sanksi sosial kepada masyarakat sudah, terutama mereka yang tidak mematuhi protokol kesehatan diantaranya dengan memberikan teguran untuk mematuhinya. Karena betapa pentingnya protokol kesehatan ini, agar diri terhindar dari penularan Covid-19,”katanya.

indra

#satgascovid19#ingatpesanibu#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun#infobanua#dewanpers

Bagikan:

Iklan