infobanua.co.id
Beranda KALTARA Ketua Pengadilan & Seluruh Hakim Panitra Pengadilan Negeri Nunukan Dilakukan Tes Urin Secara Mendadak

Ketua Pengadilan & Seluruh Hakim Panitra Pengadilan Negeri Nunukan Dilakukan Tes Urin Secara Mendadak

Nunukan Kaltara – Pengadilan Negeri Nunukan dilakukan Tes Urine dari Badan Narkoba Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Tidak lain dan tak bukan “Sebagai wujud implementasi Inpres nomor 2 tahun 2020
Tentang Rencana Aksi Nasional P4GN”.

Untuk itu Pengadilan Negeri Nunukan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan melaksanakan kegiatan “Deteksi Dini melalui tes urine”.

Acara dilaksanakan pada Senin tanggal 16 November 2020 pukul 09.00 WITA bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Kabupaten Nunukan.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Pengadilan Negeri Nunukan Candra Nurendra SH Dalam sambutannya menekankan tujuan utama dari tes urine kepada Aparatur Dipul Negara ( ASN ) dikantor Pengadilan negeri Nunukan.

Tujuan utama tes urine ini supaya menjaga integritas Aparatur Pengadilan Negeri Kabupaten Nunukan, kita harus memberikan contoh kepada masyarakat dengan berperilaku baik dan bersih dari narkoba ujar Candra.

Dilanjutkan dengan tata cara pengisian formulir oleh Kasi P2M Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat(P2M) BNNK Nunukan Bapak Murjani Shalat.

Murjanu Sholat penyampaikannya dan menekankan pengisian data dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya.

Jika Bapak Ibu ada mengkonsumsi obat-obatan harap ditulis sejelas-jelasnya nama obatnya dan dari mana dapatnya, karena obat-obatan jenis tertentu yang dikonsumsi dapat mempengaruhi hasil pengujian, kata Murjani.

Setelah peserta mengisi formulir, dilanjutkan dengan registrasi peserta dan secara bergantian peserta memasuki toilet yang telah disediakan untuk pengambilan sample urine sesuai SOP.

Dalam tes Urin yang berlangsung di pengadilan negeri nunukan Didapat 16 sample urine yang dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba enam parameter.

Dari hasil pengujian 16 sample Semuanya dinyatakan negatif narkoba aliran dara dari masih murni masih Sehat.

Kepala BNN Kabupaten Nunukan berharap agar sinergi ini terus berjalan. “Terus kita jalin sinergitas dalam menjalankan P4GN walau ditengah pandemi Covid-19 dan bersama kita perang melawan narkoba” kata Sunarto

Menurut Zainal Humas BNN Nunukan mengatakan, bahwa kegiatan tes urin seluruh hakim panitra hingga staf dan honorer ikut tes urin dan kegiatan berjalan dengan lancar serta dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 dengan cek suhu, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan sebelum kegiatan.

Yuspal/IB

Bagikan:

Iklan