infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Anggota DPD Apresiasi Ekspor Belut Asal Kalimantan Selatan

Anggota DPD Apresiasi Ekspor Belut Asal Kalimantan Selatan

Banjarmasin – Anggota DPD RI Asal Provinsu Kalimantan Selatan mengapresiasi terobosan ekspor belut ke Tiongkok,seperti di lansir dalam akun instagram @gtfarid.official,Minggu,( 22/11/2020) menyambut baik terobosan eskpor belut asal Kalimantan Selatan ke Tiongkok.

Belut ekspor seberat 1,5 ton merupakan hasil tangkapan warga, didominasi dari kawasan Hulu Sungai. “Potensi ekspor belut ini sangat besar, bahkan, Tiongkok sebenarnya meminta 3 ton”kata Farid.

Lebih lanjut Farid menjelaskan harga belut di dalam negeri sekitar Rp 30.000 per kilogram, angka tersebut meningkat tiga kali lipat lebih jika diekspor.

Belut adalah makanan tinggi protein, zat besi, dan terasa lembut dan gurih jika dikonsumsi. Ada pendapat bahwa kelengkapan gizi belut lebih baik dari ikan salmon dan berkhasiat menguatkan jantung dan liver.

Permintaan belut bukan hanya dari Tiongkok, negara- negara di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan Singapura juga tertarik dengan komoditi ini. Tingginya potensi ekspor belut, maka perlu kita dorong tumbuhnya pembudidaya-pembudidaya belut di Kalimantan Selatan,pungkas Gusti Farid Hasan Aman.

indra

Bagikan:

Iklan