infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Tutup Pelatihan Kerja, Roy Berharap Perusahaan Berkesempatan Memberikan Lapangan Kerja Kepada Para Pemagang Agar Nilai Pengangguran Dapat Berkurang

Tutup Pelatihan Kerja, Roy Berharap Perusahaan Berkesempatan Memberikan Lapangan Kerja Kepada Para Pemagang Agar Nilai Pengangguran Dapat Berkurang

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Program pemagangan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penempatan tenaga kerja.

Hasil dari pemagangan ini juga dapat melahirkan para tenaga kerja yang lebih terampil dan kompoten dibidangnya.

“Pemprov dan kabupaten/kota akan memetakan kondisi tenaga kerja. Kita bukan hanya mengetahui tenaga dari sisi jumlah tetapi juga tingkat pendidikan dan keterampilan yang mereka miliki dengan cara itu kita mampu memberikan lapangan kerja yang adil dan merata,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar, Rabu (16/12).

Roy meminta kepada perusahaan-perusahaan agar dapat berpartisipasi secara berkelanjutan dalam memberikan kesempatan magang kepada pencari kerja sehingga pengangguran di Kalsel bisa kita tekan dengan semaksimal mungkin.

“Kita harus fokus untuk memberikan perhatian terhadap sektor ketenagakerjaan terutama membuka lapangan kerja dan membutuhkan langkah-langkah yang terukur dan kajian yang matang guna mendorong tenaga kerja dari daerah kita semakin kompetitif,” tambah Roy.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel, Siswansyah mengatakan di tahun 2020 dilaksanakan program pemagangan berjumlah 270 orang pada 18 perusahaan.

“Berdasarkan evaluasi dari perusahaan pelaksana telah ditempatkan sebanyak 147 orang sebagai karyawan di perusahaan mereka magang dan secara bertahap akan ditempatkan seiring perkembangan perekonomian dan peningkatan produksi perusahaan,” ujar Siswansyah.

Lanjut Siswansyah, bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga dengan bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja buruh yang lebih berpengalaman.

Berdasarkan hasil penilaian, ada lima perusahaan menengah dan kecil yang menerima penghargaan diantaranya PT Nusantara Jaya Mix Banjarbaru, Ma-Har Get Tanah Bumbu, CV Berkah Impian Bersama Banjarbaru dan CV Nudi Karya Banua Tanah Laut serta CV Banjarbaru Berkah.

“Selain itu, ada juga penghargaan kepada Bupati/Walikota se-Kalsel atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan Siddhkarya yaitu Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Banjarbaru,” jelas Siswansyah.

“Program pemagangan ini sangat tepat dilaksanakan guna mengurangi pengangguran di Kalsel,” pungkas Siswansyah.

febri

Bagikan:

Iklan