infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Disnakertrans Karawang Diminta Tegas Pada PT. TOI Yang Abaikan Infoloker Onlie

Disnakertrans Karawang Diminta Tegas Pada PT. TOI Yang Abaikan Infoloker Onlie

Karawang, Infobanua.co.id – Inovasi Bupati Karawang dalam membuat kebijakan untuk dapat menghapuskan percaloan tenaga kerja melalui Informasi Lowongan Kerja (Infoloker) secara online, sejak uji coba dianggap sebagian kalangan sudah efektif. Meski pun dimomentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember 2020 lalu, sempat menjadi polemik. Karena dianggap jadi alat politik calon petahan. Namun itu semua terbantahkan oleh kinera Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang yang mampu menjalankan program tersebut secara objektif, terbuka dan profesional.
Rabu,13/1/21

Hanya saja masih ada perusahaan yang secara diam – diam melakukan rekrut tenaga kerja secara konvensional tanpa mengikuti ketentuan daerah melalui Infoloker Online, sepperti yang dilakukan PT. Textile One Indonesia (TOI) yang beralamat di Desa Gintungkerta, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan yang sejak awal mengapresiasi inovasi program kebijakan Bupati Karawang itu menyesalkan sikap PT. TOI, seperti yang diungkapkan kepada kalangan awak media, Andri meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui leading sektor ketenaga kerjaan, yaitu Disnakertrans Karawang diminta tegas terhadap perusahaan yang ngeyel.

“Saya mendesak Disnakertrans Karawang agar segera melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) sekaligus memberikan sanksi sebagai mana ketentuan kepada perusahaan yang jelas – jelas sudah mengabaikan ketentuan daerah tersebut. Ini penting dilakukan, agar menjadi efek jera bagi perusahaan – perusahaan lainnya,” Tegasnya.

“Tujuan Pemkab Karawang, khususnya Bupati membuat program Infoloker Online itu sangat baik, demi kemaslhatan masyarakat dan perusahaan. Karena selama ini, tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban percaloan tenaga kerja. Begitu pun dengan perusahaan, sebelum adanya Infoloker Online, perusahaan sering kali dipusingkan dengan ulah para calo Naker,” Ungkap Andri.

“Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi Infoloker Online, bertujuan agar dapat meminimalisir, bahkan sampai menghapuskan praktek – praktek percaloan Naker yang ada di Kabupaten Karawang. Seharusnya perusahaan pun bersyukur dengan adanya kemudahan ini, sehingga dapat mengurangi sedikit beban perusahaan dalam hal rekrut tenaga kerja,” Ujarnya.

“Sekali lagi saya tegaskan, agar Disnakertrans Karawang sesegera mungkin melakukan Sidak serta memberikan sanksi tegas terhadap PT. TOI yang secara diam – diam melakukan rekrut tenaga kerja, tanpa melalui Infoloker Online. Kalau alasannya tidak tahu, saya anggap mustahil? Karena program ini sudah secara gebyar tersosialisasikan, dan mayoritas perusahaan yang berada dikawasan industri mau pun dizona, sudah menggunakan Infoloker Online,” Pungkas Andri.

 

Iswanto.

Bagikan: