Pemprov dan DPRD Kalsel Dukung Peningkatan Status Lanud Syamsudin Noor

  • Whatsapp

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan mendukung peningkatan status Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Syamsuddin Noor dari tipe B menjadi tipe A. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK kepada wartawan, usai memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP), Rabu (13/1).

Ia mengatakan berdasarkan paparan, saran dan masukan dari berbagai pimpinan instansi yang hadir dalam rapat tersebut maka DPRD Kalsel siap mendukung dan menindaklanjuti hal-hal terkait kenaikan status Lanud Syamsudin Noor ini untuk memperkuat pertahanan udara di Kalimantan Selatan sebagai pintu gerbang Selatan Ibu Kota Negara yang baru.

“Semua pihak sudah setuju. 99,9 persen selesai,” katanya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar yang menghadiri RDP tersebut menyatakan Pemprov akan menindaklanjuti dan menyelesaikan semua permasalahan guna mendukung dan terwujudnya kenaikan status Lanud Syamsudin Noor ke tipe A.

“Misalnya terkait lahan, pencatatan aset dan sebagainya, akan kita koordinasikan lagi dengan pihak-pihak terkait agar tidak menjadi masalah dikemudian hari,” jelasnya.

Sedangkan, Komandan Lanud Syamsuddin Noor Kolonel Pnb M Taufiq Arasj mengatakan dalam rapat tersebut telah disetujui bahwa aset lahan yang diperlukan untuk kenaikan status tersebut akan diganti. Hal ini tentu dengan mempertimbangkan proyeksi pengembangan Lanud ke depan.

“Lahan yang ada saat ini sekitar 23,7 hektar. Sedangkan luas lahan yang diperlukan sekitar 25 sampai 30 hektar. Kekurangannya akan kita carikan jalan keluarnya bersama Pemprov dan DPRD Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Taufiq menambahkan pada prinsipnya Lanud Syamsuddin Noor akan menyiapkan kajian dan lahan yang diperlukan. Kemudian disampaikan ke Komando Pusat untuk dinilai apakah Lanud Syamsuddin Noor sudah layak dinaikkan ke tipe A.

“Mudah-mudahan penilaiannya dengan kajian dan fasilitas yang telah kita siapkan ini tidak bermasalah bagi pengembangan Lanud ke depan,” harapnya. (NRH/RDM/RHD)

Sumber: abdipersadafm.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *