infobanua.co.id
Beranda TAPIN Kalsel Banjir Di Tahun 2021, DAS Hulu Ke Hilir

Kalsel Banjir Di Tahun 2021, DAS Hulu Ke Hilir

RANTAU, infobanua.co.id – Kalimantan Selatan saat ini tengah mendapatkan ujian berupa cobaan musibah banjir yang melanda banyak daerah Kabupaten Kotanya. Seperti Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tanjung.

Intensitas curah hujan begitu tinggi melanda beberapa kawasan sejak beberapa pekan terakhir, menyebabkan kawasan daerah aliran sungai yang tak terkelola dari hulu ke hilir menjadi point penting perhatian akan potensi resiko banjir terjadi di wilayahnya.

Sebagaimana pengalaman Bupati Tapin, HM.Arifin Arpan dalam mengatasi banjir yang melanda warganya setiap tahun di musim penghujan disekitar kediaman. Sebelumnya, hampir setiap tahunnya debit sungai Tapin meluap naik dan menggenangi permukiman warga. Bupati berinisiasi mereplikasi kajian komprehensif bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan stake holder terkait pengelolaan wilayah sungai dan penataan ruang. Karena pengelolaan daerah aliran sungai harus jelas dari hulu ke hilir.

“Banjir tidak hanya terjadi di Binuang saja.Namun juga terjadi di beberapa daerah yang ada di Kalsel. Bahkan kalau di bandingkan musibah banjir yang menimpa warga Binuang ini tidak seperti bencana banjir di daerah lain seperti Kabupaten Banjar atau Hulu Sungai Tengah (Barabai).

Ia mengatakan, pemukiman warga yang berada di dekat aliran sungai yang ada di Kabupaten Tapin mengalami bencana serupa tapi di Kelurahan Raya Belanti Binuang ini yang terparah tahun ini. Sementara di tempat lain, sudah ada bendungan jadi aliran sungainya otomatis sudah terbagi.

“Untuk upaya pencegahan banjir berikutnya. Kami siap saja akan berikan klotok (sampan) agar ke depannya kalau terjadi banjir lagi bisa di gunakan warga untuk transportasi, karena di Belanti ini setiap tahun banjir hanya kebetulan di tahun 2021 ini yang paling terparah di banding banjir sebelumnya,” ungkapnya.

Selanjutnya, atas instruksi Presiden RI dan Gurbenur pada musibah banjir ini, bagi daerah kabupaten kota yang tak terdampak banjir diwajibkan meninjau kawasan yang kebanjiran. Schedule jadwal kerja Bupati, Sabtu, 16 Januari 2021.

Bupati Kabupaten Tapin, HM Arifin Arpan bersama ketua PKK, Hj Ratna Eliyyani Arifin Arpan mengunjungi Korban Bencana Banjir di Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Turut mendampingi, SOPD Pemkab Tapin, PMI, KNPI Kabupaten Tapin, BPBD, dan Tim relawan lainnya.

Bupati bersama rombongan meninjau posko penanggulangan bencana banjir dan dapur umum di RT 08, Simpang Cempaka, Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang.

Selain itu, Bupati juga menyerahkan bantuan terhadap warga korban banjir berupa beras, mie instan, sarden, telur, gula, teh celup, kopi instan, matras, pakaian khusus dan selimut.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati melanjutkan kunjungannya ke tempat penampungan sementara warga korban terdampak banjir yang berlokasi di gedung SSB Diklat Binuang.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan