infobanua.co.id
Beranda TAPIN Bupati Tapin Kunjungi Bendungan Tapin

Bupati Tapin Kunjungi Bendungan Tapin

RANTAU, infobanua.co.id – Bupati Tapin, HM.Arifin Arpan menyampaikan ungkapan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Presiden Republik Indonesia atas proyek strategis nasional Bendungan Tapin yang berada di Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin.

Demikian diungkapkan Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan, MM dalam rangka giat Dinas PUPR Tapin mendampingi kunjungan kerja Bupati meninjau Bendungan Tapin. Selasa (19/1/2021).

Hari ini, dikatakan Bupati, kita melakukan kunjungan untuk mengevaluasi Bendungan Tapin bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Camat Piani, Kapolsek Piani, Kepala Desa Miawa serta staf BWS Kalimantan II/ Bendungan Tapin.Alhamdulillah, kondisi elevasi muka air bendungan dalam keadaan normal.

“Luar biasa, bahwa di tengah kondisi intensitas curah hujan tinggi dalam 10 hari terakhir hingga menyebabkan daerah lain banjir. Justru daerah kita Tapin di kota Rantau aman, dan tidak terjadi banjir seperti sebelumnya. Keberadaan bendungan ini menjadi hal utamanya adalah pengendali banjir yang diharapkan besok-besok tidak terjadi lagi banjir di Tapin,”katanya.

Selanjutnya, fasilitas dari bendungan ini bisa diterima oleh masyarakat. Pertama, untuk pengairan persawahan seluas 5.000 sampai 6.000 hektar sekian. Kedua, 500 perdetik air bersih. Ketiga, berpotensi menjadi pembangkit tenaga listrik jika saluran irigasinya sudah normal. Keempat, menjadi objek wisata.

“Kita evaluasi bendungan ini sampai sejauh mana bisa dimanfaatkan secara maksimal. Karena itulah kita melakukan kunjungan kerja hari ini dengan kondisi tetap sehat dan berharap semoga bendungan ini lancar,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan