Pemkab Batola Tangkal Banjir, Sungai Jalur Banjarmasin-Marabahan Dinormalisasi

  • Whatsapp

MARABAHAN – Pemkab Batola terus bergerak secara sigap guna mempercepat turunnya debit air dan antisipasi banjir terus dilakukan Pemkab Batola.

Melalui sinergi bersama SKPD terkait, yakni BPBD dan PURP Batola, pengerukan sungai di sepanjang sisi Jalan Trans Banjarmasin – Marabahan terus dilakukan.

Hingga hari ini, Minggu (21/02/2021), upaya normalisasi sungai telah mencapai kawasan Desa Puntik Luar, Kecamatan Mandastana. Setelah dimulai beberapa minggu yang lalu di kawasan Handil Bakti Kecamatan Alalak.

Sampah dan tumbuhan liar bercampur lumpur dikeruk menggunakan excavator dan ditimbun di tepian parit.

Hal ini diharapkan  efektif memperlancar aliran sungai hingga berdampak pada debit air yang menurun. Sehingga petani dapat menggarap lahan pertanian dengan cepat.

“Pengerukan ini berlangsung hingga status tanggap darurat banjir selesai, yakni 26 Februari,” ungkap Rahmadian Noor, Wakil Bupati Batola.

Ditambahkan Sumarno, Kepala BPBD Batola, Status tanggap darurat ini bisa saja diperpanjang lagi apabila masih ada desa yang tergenang banjir.

“Tidak menutup kemungkinan status diperpanjang untuk yang ketiga kalinya,” ucap Sumarno.

Ia pun menambahkan, terkait pendanaan untuk pengerukan sungai di sejumlah kawasan di Batola, termasuk yang di sisi Jalan Raya Banjarmasin – Marabahan, yaitu berasal dari dana tanggap darurat.

Rel/hms

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *