infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Kapolres Dan Forkopimda Cianjur kunjungi Kampung Tangguh Di Desa Sukasari K

Kapolres Dan Forkopimda Cianjur kunjungi Kampung Tangguh Di Desa Sukasari K

Cianjur, infobanua.co.id – Forkopimda kabupaten Cianjur kunjungi kampung tangguh Lodaya sekaligus lakukan monitoring posko penanganan Covid dan Rumah isolasi tingkat desa,di desa Sukasari kecamatan Cilaku kabupaten Cianjur,Rabu (24/02/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt Bupati Cianjur Herman Suherman,Kapolres AKBP Mochamad Rifai,Dandim 0608 Letkol Kav Ricky Arinuryadi Serta unsur Forkopimda Cianjur lainnya.

Lingkungan desa Sukasari kecamatan Cilaku merupakan salah satu desa yang ada di wilayah kabupaten Cianjur yang dicanangkan sebagai kampung tangguh Lodaya.

Rombongan Forkopimda disambut langsung oleh kapolsek, danramil, camat kecamatan Cilaku, kepala desa Sukasari , kepala puskesmas, dan tim relawan kampung tangguh.

Ada tiga lokasi yang dikunjungi diantaranya Ponpes Darul Rohman yang berlokasi dikampung Babakan RT 01/02 sebagai Ponpes Tangguh, Kampung tangguh,di kampung pasir laja kolun RT 05/11 desa Sukasari,serta posko penanganan Covid dan Rumah isolasi Desa.

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai mengatakan “Dengan terbentuknya Kampung Tangguh ini masyarakat sekitar diharapkan dapat disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 di wilayah tersebut,” kata Kapolres.

Sesuai namanya Kampung Tangguh, kata Kapolres, maka kampung ini mengusung semangat gotong royong secara mandiri untuk bisa mencegah dan mengatasi penyebaran Covid-19 di lingkunganya. Seperti menerapkan protokol kesehatan dan prinsip-prinsip physical distancing atau pembatasan fisik. “Ini adalah salah satu langkah yang disarankan untuk mencegah penyebaran virus Corona,” ucap Rifai.

Dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini, setiap warga yang masuk kewasan kampung ini wajib mengikuti sejumlah prosedur yang ada.

Selain itu, kapolres dan Forkopimda juga ingin memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan
Kampung Tangguh bukan hanya menangani penyebaran Covid-19 saja. Tetapi bagaimana cara menangani permasalahan sosial masyarakat akibat dampak dari covid.

Kapolres mengemukakan, pihaknya akan mengevaluasi pencapaian program tersebut. Misalnya evaluasi dalam bidang kesehatan untuk mengetahui sejauh mana penanganan orang dalam status kesehatan baik PDP, ODP, ODR apakah sudah berjalan dengan baik.

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai mewakili Forkopimda mengaku sangat mengapresiasi Kampung Tangguh di Lingkungan Desa Sukasari ini sebagai salah satu upaya kolaborasi kepolisian dengan relawan dalam penanganan dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Kampung Tangguh yang sudah terbentuk mudah-mudahan bisa menjadi contoh kampung yang lainnya,” imbuh Kapolres.

Pihaknya berkomitmen secara konsisten melakukan protokol kesehatan bagi warga kampung tangguh tersebut.
Diharapkan juga keberadaan Kampung Tangguh Semeru sebagai pelopor yang mampu menangani permasalahan sosial akibat dampak Covid-19.

Sementara itu, Camat kecamatan Cilaku Dadi Rustandi SH.MH , didampingi kepala desa Sukasari Deden Supriatman menjelaskan, Kampung Tangguh secara struktur memiliki tim relawan, tim pangan, tim kesehatan, tim keamanan, tim ketertiban, posko,lumbung pangan, juga rumah isolasi mandiri, dan pos kamling.

Dalam pelaksanaannya, kata Dadi, Kampung Tangguh di Lingkungan desa Sukasari berjalan tanpa kendala. Petugas lapangan melakukan pemeriksaan atau melaksanakan 3 T(Testing,Tracing,dan Treatment), Pungkasnya.

 

Hasbi (Abie).

Bagikan:

Iklan