infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Pj.Gubernur Kalsel: Petani Batola Meski Bersyukur Miliki Lahan Pertanian yang Subur

Pj.Gubernur Kalsel: Petani Batola Meski Bersyukur Miliki Lahan Pertanian yang Subur

BANJARMASIN – Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA menghadiri panen raya padi unggul seluas 250 hektare di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Baritokuala (Batola), Rabu (24/2/2021) siang.

Didampingi Kadis TPH Kalsel Ir Syamsir Rahman, Wabup Batola Rahmadiannoor dan unsur Forkopimda setempat, Safrizal mengawali panen dengan mengoperasikan combine harvester.

Ia mengajak para petani setempat agar senantiasa bersyukur atas keberhasilan panen ini dengan menunaikan zakatnya.

“Kalsel memiliki potensi lahan pertanian seluas 553 ribu hektare, ini perlu terus dibina dan ditingkatkan baik oleh pemerintah setempat maupun pemerintah provinsi serta pusat,” katanya.

Dengan keberhasilan surplus di bidang pertanian padi ini Kalsel tak perlu lagi masuk beras impor. “Kalsel tak perlu lagi beras impor karena mampu mencukupi kebutuhan beras sendiri,” kata Safrizal.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA saat menghadiri panen raya padi unggul di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Baritokuala (Batola), Rabu (24/2/2021).

Ia juga telah mengusulkan pembukaan jalan logistik kepada pemerintah pusat untuk mendukung Kalsel sebagai penyangga pangan ibukota negara (IKN) baru di Kaltim.

“Dengan surplus beras setiap tahun, saya yakin hal itu dapat kita realisasikan apalagi saat ini sudah terlaksana mekanisasi pertanian sehingga proses dan hasilnya semakin efektif serta efisien,” kata Safrizal.

Dengan diproyeksikannya Kalsel sebagai penyangga pangan IKN maka diharapkan dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman dalam sambutannya mengatakan panen di Beringin Jaya adalah panen perdana padi unggul di Batola. “Selanjutnya akan disambung dengan panen padi lokal,” katanya. rel/bp

 

Bagikan:

Iklan