infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Pemkab Batola Anggarkan Rp1,02 M Untuk Pembelian Susu Formula

Pemkab Batola Anggarkan Rp1,02 M Untuk Pembelian Susu Formula

Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat, S.Sn., M.Pd., kegiatan Rembuk _Stunting_ Pemerintah Kabupaten Batola Tahun 2023 dilaksanakan di Banjarmasin, Senin (8/5/2023).

Marabahan, infobanua.co.id – Diikuti langsung Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat, S.Sn., M.Pd., kegiatan Rembuk _Stunting_ Pemerintah Kabupaten Batola Tahun 2023 dilaksanakan di Banjarmasin, Senin (8/5/2023).

Pada pertemuan ini, Pj Bupati mengajak para pemangku kepentingan untuk mengintervensi 2.246 kasus tengkes.

Adapun rencana aksi yang siap digalakkan adalah Revitalisasi Kelompok Kerja Operasional Posyandu, Revitalisasi Tim Percepatan Penurunan _Stunting,_dan program Bapak Bunda Asuh.

Rencana aksi Bapak Bunda Asuh yang disahkan oleh Pj Bupati yaitu program MissU (Mandi Susu), pemberian bantuan susu formula kepada anak tengkes sebanyak 10 kotak/anak/bulan, yang diberikan selama 6 bulan dengan biaya Rp1.020.000,00, dan program Cukup 2 Telur/anak/hari selama 6 bulan dengan biaya Rp720.000,00.

Aksi Bapak dan Bunda Asuh Anak _Stunting_ ini ditargetkan dapat membantu intervensi pengurangan jumlah angka kasus tengkes, yang berdasarkan survei Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat, terdapat 11,33% atau 2.246 anak tengkes di Batola.

Pj Bupati dalam arahannya memberikan kredit poin pada 3 kecamatan tertinggi data tengkes, yakni Tabunganen, Alalak, Tabukan.

“Yang namanya kerja nyata ini pasti tidak murah harganya. Artinya, sebuah gagasan pemikiran dan waktu, bertanggung jawab untuk turunkan angka _stunting,”_ tegas Mujiyat.

Langkah kedua, pihaknya datangi bersama-sama dan membentuk tim satgas ke kampung dan desa yang kasus tengkesnya tinggi, hingga segera membuat komitmen, agar Rembuk _Stunting_ yang dilaksanakan tidak sia-sia.

“Yang ketiga, ada relawan yang mengontrol _stunting._ Yang keempat, kita panggil perusahan seperti sawit yang ada di Batola untuk bantu turunkan _stunting,“_ pinta Pj Bupati.

Sementara itu, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Batola Suharyanti mengatakan, Rencana Aksi dari PKK Batola adalah setiap bulannya akan mengunjungi posyandu, dan berinovasi untuk menjalankan program 2 Telur dengan anggaran Rp20 juta.

Selain itu, Baznas Batola turut membantu menganggarkan Rp60 juta, kemudian ada juga Program Sosial Bank Indonesia yang menganggarkan Rp300 juta, dan kerja sama Program Cukup 2 Telur dengan Banjarmasin Post.

Di akhir acara, secara simbolis diserahkan selempang Bapak dan Bunda Asuh Anak _Stunting_ sekaligus penandatanganan komitmen oleh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Organisasi Tim Penggerak PKK, Darma Wanita Persatuan, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, para kepala satuan kerja perangkat daerah, dan para camat.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan