infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Dorong UMKM Punya Label Halal

Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Dorong UMKM Punya Label Halal

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Dra Hj Mahrina Noor MM

Banjarbaru, infobanua.co.id – Hampir 3000 pelaku UMKM sudah masuk aplikasi dan itu sudah melebihi 40 persen dari jumlah UMKM yang terdaftar di kota Banjarbaru. Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru akan mendukung produk-produk halal. Dukungan ini bertujuan untuk menciptakan produk halal di tengah masyarakat seiring dengan kesadaran masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Dra Hj Mahrina Noor MM, Selasa (9/5/2023) di sela-sela perayaan Hari jadi Kota Banjarbaru yang ke-24 dan pembukaan Titech 2023 di Lapangan Murjani.

Menurut Mahrina, selain masuk aplikasi digital, kita mendorong para UMKM mempunyai label Halal. Karena bila mengikuti pameran atau mau memasukkan produknya kepasar moderen yang dilihat orang itu adalah label halalnya itu, terutama makanan dan minuman.

“Dalam menggunakan produk halal, saat ini produk halal menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Sertifikasi halal sangat perlukan, karena penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Jadi kita tidak ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi makanan,” jelasnya.

Dikatakan Mahrina,  setiap tahun terus menggalakan harus ada label Halal, yang penting halalnya. Karena kemana-mana kalau ikut pameran pasti dilihatinnya produk halalnya. Jadi sertifikasi halal itu sangat sangat diperlukan, jadi tidak ragu-ragu lagi apalagi itu bahan makanan. Untuk saat ini kita sudah bekerjasama dengan MUI dan BPOM.

Mahrina mengatakan, Selain dipameran juga bekerjasama dengan Dekranasda dan ada UMKM di Mess L yang sudah lolos kurasi bisa menjual hasil produknya disana. Sangat mendukung Ketua Dekranasda Banjarbaru Vivi Zubedi dalam mengelola pusat Creatif Hub di Mess L Banjabaru.

“Kepedulian Wali Kota dan ibu Wali Kota sangat terbuka dengan UMKM. Jadi kalau kita ada tamu tidak kesulitan untuk mencari buah tangan atau souvenir semua ada tersedia  di Mess L ,” tutur Ina sapaan orang nomor satu di dinas Koperasi, UKM dan Tenaga kerja.

Yus/IB

Bagikan:

Iklan