infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Layanan KB MKJP di Saung Ambu

Layanan KB MKJP di Saung Ambu

Purwakarta, infobanua.co.id – Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kembali mencanangkan program Keluarga Berencana (KB) dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Berkualitas. Program tersebut juga terintegritas dengan Saung Ambu, salah satunya yang berlokasi di Desa Ciramahilir, Kecamatan Maniis.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menaruh perhatian besar terhadap pembinaan Pasangan Usia Subur (PUS). Menurutnya, KB MKJP adalah upaya membangun keluarga yang tangguh dan mempersiapkan generasi ke depan yang lebih berkualitas.

“Hari ini, saya berada di Desa Ciramahilir, Kecamatan Maniis, untuk melaunching pelayanan KB MKJP di Saung Ambu. Saung Ambu merupakan sebuah pelayanan yang didalamnya terdapat dokter dan perawat yang jaga 24 jam. Layanan KB MKJP hari ini kita launching terutama yang jangka panjang yaitu IUD dengan implant. Kita akan maksimalkan di enam Saung Ambu yang ada di Kabupaten Purwakarta, agar dapat memberikan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi khususnya jangka panjang,” kata Ambu Anne, pada Launching Pelayanan KB MKJP Berkulitas di Desa Ciramahilir, Maniis, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, kegiatan ini yang pertama, biasanya pelayanan pemasangan alat kontrasepsi itu melalui kegiatan Gempungan di Buruan Urang Lembur.

“Karena ini pendemi maka kita tidak bisa melaksanakan agenda gempungan. Untuk mengganti pelayanan itu kita maksimalkan tempat kesehatan dasar seperti Puskesmas, Poned dan Saung Ambu. Hari ini untuk Kecamatan Maniis sudah ada calon akseptor sebanyak 40 orang dan mudah-mudahan bisa dilayani maksimal,” tuturnya.

Menurutnya, target akseptor KB yang telah dicapai Pemkab Purwakarta menunjukkan kesadaran masyarakat yang cukup tinggi untuk memulai keluarga yang ideal. Juga dalam upaya menjadikan keluarga sebagai pusat untuk pembinaan mental serta spiritual.

“Saya merasa bangga atas upaya yang telah dilakukan jajaran dinas terkait untuk program KB di Purwakarta. Telah terevaluasi sangat baik, jadi ini artinya seluruh kegiatan atau program dalam peningkatan pelayanan khususnya di bidang keluarga berencana terus akan kita lakukan kembali dan akan kita tingkatkan,” Demikian Ambu. (Dodi junaedi)

Bagikan:

Iklan