infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Gelar Vaksinasi Tahap Kedua, Pj Gubernur : Jangan Takut Untuk Di Vaksin

Gelar Vaksinasi Tahap Kedua, Pj Gubernur : Jangan Takut Untuk Di Vaksin

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memulai vaksinasi Covid-19 tahap II untuk lansia, DPRD, TNI, Polri, Kejaksaan Tinggi, Wartawan, PGRI, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Vaksinasi Sinovac digelar di Gedung Mahligai Pancasila. Turut hadir Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Pj Sekdaprov Kalsel, serta jajaran forkopimda Bumi Lambung Mangkurat lainnya. Rabu (3/3)

“Ini adalah bentuk kolaborasi dan kerjasama dari Pemerintah, TNI-Polri, tenaga medis, ulama, dan tokoh pers yang menyatakan Kalsel siap divaksinasi secepat-cepatnya,” ujar Safrizal.

Seperti yang diketahui vaksinasi Covid-19 tahap II ini menyasar kepada kelompok masyarakat dengan interaksi dan mobilitas yang tinggi sehingga rentan terpapar covid-19.

“Sasaran utamanya untuk masyarakat umum, namun lansia lebih didulukan karena paling rentan. Kemudian pekerja media, para TNI-Polri, guru juga ada sebagian,” kata Direktur Jenderal Bina Kewilayahan (Bina Adwil) Kemendagri RI ini.

Ia juga akan mengeluarkan surat edaran kepada walikota/bupati se Kalsel untuk melakukan vaksinasi dalam skala besar agar jatah vaksin segera habis.

Disisi lain, Wakil Ketua MUI Kalsel, Hafis Anshari yang menerima vaksin ini mengaku tidak merasakan apapun, menurutnya sama saja dengan vaksin jenis lain.

“Tidak ada kerasa apa-apa, biasa saja seperti vaksin yang lain. Kita kan juga biasa dulu kalau mau umroh di vaksin meningitis. Bahkan vaksin influenza. Jadi belum merasakan apa-apa. Mudah-mudahan tidak apa-apa,” ucap Hafis

Hafis menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut di vaksinasi dan mengingatkan vaksin Sinovac ini terjamin aman, suci dan halal.

“Tidak perlu ditakutkan karena MUI sudah tegas menyatakan vaksin ini suci dan halal. Saya ingin menengaskan dari sudut agama vaksinasi itu ibadah karena merupakan salah satu cara untuk menghindari penyakit.” ujarnya

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, Muslim mengatakan vaksinasi tahap II ini ditargetkan berlangsung hingga Juni 2021 mendatang. Setelah tahap II selesai, namun stok vaksin masih banyak, pihaknya akan menyiapkan sentra-sentra di lokasi fasilitas kesehatan yang ada di Kalsel.

“Kalau di bulan Juli nanti stok vaksin semakin banyak, tentu kita akan menyiapkan sentra-sentra untuk memberikan dukungan terhadap fasilitas kesehatan yang ada. Sentra pelayanan vaksinasi ini bisa di gedung pemerintah atau bisa juga di mall. Untuk mempercepat penanganan Covid-19 disini,” pungkasnya.

febri

Bagikan:

Iklan