Pj Gubernur Kalsel Dorong Sektor Industri Kurangi Ketergantungan Impor

  • Whatsapp

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Pj. Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA berkomitmen mendorong kemajuan sektor industri secara terencana untuk mengurangi ke tergantungan impor dalam memenuhi permintaan produk dalam negeri.

Ditambah lagi dengan ketergantungan pasok, seperti bahan baku, bahan setengah jadi maupun bahan penolong yang merupakan bahan baku industri selanjutnya.

“Kita akan perkuat dengan menyusun perencanaan pembangunan sektor industri yang sistematis, komprehensif dan solutif,” kata Safrizal usai membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Urusan Perindustrian se-Kalsel, di hotel Rattan inn, Rabu (17/3).

Dikatakan Safrizal, daya saing industri akan ditingkatkan juga, melalui struktur industri di daerah yang kuat dan kokoh.

“Struktur industri dapat diwujudkan dengan pembangunan industri yang meliputi kemitraan usaha, hilirisasi industri, membangun jaringan rantai pasok dan membangun klaster industri,” ucap Safrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) Kalsel, Mahyuni mengatakan Rakortekrenbang, perindustrian bertujuan untuk sinkronisasi penyusunan program kerja pembangunan industri di tahun anggaran 2022 dan menyamakan persepsi terkait peraturan yang berlaku tentang urusan perindustrian.

“Pembangunan industri memiliki karekteristik dan relevansi yang cukup kuat seperti dinamika terkait sektor industri, kearifan lokal, perkembangan teknologi, kelangkaan energi dan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan,” kata Mahyuni.

Mahyuni pun berharap Kementerian Perindustrian, Pemprov dan kabupaten/kota se-Kalsel bisa bekerja sama terkait kebijakan, strategi dan program pembangunan industri di Kalsel. “Sehingga program pembangunan industri antara Pemprov dan kabupaten/kota menjadi berkelanjutan,” pungkasnya

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *