infobanua.co.id
Beranda Blitar Walikota Blitar Resmikan AKN Putra Sang Fajar

Walikota Blitar Resmikan AKN Putra Sang Fajar

Blitar, Infobanua.co.id – Wali Kota Blitar, Santoso, meresmikan Gedung baru Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar, jalan dr.Sutomo 51, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Kamis 18-03-2021.

Walikota Blitar Santoso, mengatakan bahwa, pihaknya berharap agar Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar, kedepan dapat menjadi Politeknik Negeri di Kota Blitar.

“Semoga kedepan Kampus AKN Putra Sang Fajar ini dapat menjadi Politeknik Negeri di Kota Blitar,” kata Walikota Blitar Santoso.

Menurut Santoso, Pemkot Blitar telah menunggu selama 08 tahun untuk mewujudkan pembangunan gedung Kampus AKN Putra Sang Fajar. Dan Pembangunan gedung baru Kampus AKN Putra Sang Fajar baru terealisasi pada tahun 2020.

Pembangunan gedung Kampus AKN Putra Sang Fajar merupakan kerja sama antara Pemkot Blitar dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dikti).

Pemkot Blitar hanya menyediakan lahan, sedang anggaran pembangunan dari Kementerian Riset Teknologi dan Dikti. Dan Pemkot Blitar menyediakan lahan bekas RSUD Mardi Waluyo di jalan dr Soetomo, untuk pembangunan Kampus.

Sedang anggaran yang disiapkan Dikti dari APBN untuk pembangunan gedung ini sekitar Rp.32 Miliar.

“Pembangunan gedung empat lantai ini selesai akhir Desember 2020. Jika dilihat fasilitas yang ada sudah representatif. Mulai bangunan gedung, alat-alat, dan sarana perkuliahan sudah dicukupi oleh pusat,” jlentrehnya.

Lebih dalam Santiso menerangkan bahwa, sesuai rencana, Dikti akan melanjutkan pembangunan tahap kedua Kampus AKN Putra Sang Fajar pada tahun 2022 nanti.

Sedang anggaran yang disiapkan untuk pembangunan tahap dua sekitar Rp.22 Miliar.

“Karena anggarannya tidak boleh dari tahun ke tahun, harus ada jarak, sehingga rencananya untuk pembangunan tahap dua akan dilakukan pada tahun 2022,” ungkapnya.

Selanjutnya Santoso berharap agar warga masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan Kampus AKN Putra Sang Fajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Blitar.

Dengan adanya Kampus AKN Putra Sang Fajar, warga masyarakat punya alternatif untuk Kuliah di Kota Blitar.

“Warga masyarakat Kota Blitar dapat kuliah di Kota sendiri, dan tentunya biayanyapun lebih ringan dan kami juga akan memberikan beasiswa,” pungkasnya.(Eko.B)

Bagikan:

Iklan