infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Bulan Mei Mendatang Kadinkes Kotw Banjarmasin Minta Datangkan 15 Unit Genos

Bulan Mei Mendatang Kadinkes Kotw Banjarmasin Minta Datangkan 15 Unit Genos

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin berencana akan mendatangkan alat Gadjah Mada Nose C19 atau disingkat GeNose C19 dalam waktu dekat di Banjarmasin.

GeNose C19 sendiri merupakan alat inovasi dari Universitas Gadjah Mada yang terbaru dalam screening Covid-19 dan telah dikembangkan sejak Maret 2020 lalu.

“Memang sudah dalam proses pemesanan. Insya Allah Minggu kedua atau keempat di bulan Mei ini sudah datang,” ucapnya Selasa (27/4).

Dalam pengadaan GeNose C19 di Banjarmasin, pihaknya telah menganggarkan 15 unit yang nantinya akan beroperasional di beberap Puskesmas yang berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) serta di pelayanan kesehatan lainnya yang ada di Banjarmasin.

“Akan dioperasionalkan dibeberapa Puskesmas BLUD dan satu di Rumah Sakit dan satu di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,” terangnya.

Dengan adanya pengadaan GeNose C19 ini di Banjarmasin. Tentu akan mempercepat temuan-temauan di lapangan dan sangat mendukung untuk pelaksanaan tracking.

Pasalnya alat GeNose C19 ini sudah ditetapkan sebagai salah satu alat yang juga digunakan dalam menegakan diagnosa Covid-19 pada seseorang dengan cepat.

“Lebih cepat karena waktunya hanya 20 menit. Biayanya juga lebih murah hanya 40 ribu saja bisa diagnosa hanya dalam waktu 20 menit,” tuturnya Machli.

Menurut Machli, testing di lapangan juga akan lebih masif dilakukan karena seseorang yang diperiksa cukup menghembuskan nafas pada balon uji GeNose C19.

“Jadi lebih leluasa untuk tracking di lapangan dan bisa dibawa kemana-kemana makanya ini lebih efektif dan efesien,” pungkasnya.

febri

Bagikan: