Kalsel Raih Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian Untuk Pengelolaan Keuang Daerah Yang Ke Delapan Kalinya

  • Whatsapp

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Dewan Perwakilan Daerah Prov. Kalsel.( DPRD KALSEL). Melalukan Penyerahan laporan hasil pemerikasaan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimanta Selatan Tahun 2020.

Disampaikan langsung oleh ketua DPRD. Prov. Kalsel Sufian Hk. Kita akan menyaksikan bersama penyampaian Hasil pemeriksaan BPK Ri yang berupa pendatanganan berita acara dan penyerahan Hasil pemeriksaan BPK Ri atas laporan keuangan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 l. Bertempat di ruang rapat paripurna DPRD. Prov Kalsel Kamis (27/5).

Selain itu tidak luput juga dari BPK Ri Harry azhar azis, juga memberikan sambutan. Dalam rangka memenuhi amanat pasal 23E ayat 2 undang-undang Dasar 1945 dan pasal 17 ayat 2 undang-undang Dasar tahun 2004 tentang laporan hasil pemeriksaan keuangan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 dan laporan hasil pemeriksaan kinerja atas efektivitas pengelolaan belanja daerah dalam mendukung indeks pembangunan manusia Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019-2020 oleh BPK RI Kalsel,

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD beserta jajarannya dan pejabat Gubernur beserta jajarannya dalam rangka mewujudkan komitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel”Ujarnya

Setelah 2 bulan kami memeriksa Anggaran tahun 2020 di pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan laporan hasil pemeriksaan kinerja atas efektivitas pengelolaan belanja daerah dalam mendukung pencapaian indeks pembangunan manusia di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019-2020. Mengalami peningkatana.

“Dapat kami serahkan kepada DPRD dan sekaligus juga kepada pejabat Gubernur Kalimantan Selatan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Selatan hari ini Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dan berdasarkan standar pemeriksaan keuangan negara dapat disimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 telah Sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan berbasis aktual dan telah diungkapkan secara memadai”. Bebernya

BPK Ri pun dengan penuh keyakinan memberi opini atas laporan keuangan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 ini wajar Tanpq Ppengecualian yang diberikan oleh pemerintah termasuk opini WTP.

BPK Ri masih menemukan beberapa permasalahan yang hendaknya menjadi perhatian pemerintah di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu no satu penyaluran transfer bagi hasil pajak daerah ke kabupaten kota yang masih terlambat, penata usahaan aset tetap belum melakukan pembayaran atas pekerjaan konstruksi sebesar 2,74 miliar sedangkan pemeriksaan kinerja bertujuan untuk memenuhi efektivitas pengelolaan belanja daerah dalam rangka menilai kinerja dan efektivitas pengelolaan belanja daerah dalam mendukung pencapaian indeks pembangunan manusia Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019-2020 .

Yang ke 2 belum sepenuhnya memadai pelaksanaan program dan kegiatan belanja dalam rangka sarana prasarana sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, sekolah luar biasa. Belum sepenuhnya sesuai dengan rencana kebutuhan dan standar sarpras.

Dalam rangka pemenuhan tenaga kesehatan strategis daerah terpencil belum sepenuhnya sesuai dengan rencana kebutuhan dan belum didukung pendokumentasian yang memadai.

Yang ke empat evaluasi atas pelaksanaan program dan kegiatan yang mendukung capaian IPM belum didukung petunjuk teknis kegiatan dan dokumentasi yang lengkap serta belum sepenuhnya digunakan untuk kinerja dan pengambilan keputusan.

“Kita pahami bersama yaitu tingkat pengangguran, Angka kemiskinan gini ratio akan tetap ditekan dan dinaikkan termasuk angka indeks pembangunan manusia yang terus meningkat sejalan dengan hal tersebut penjelasan data Pusat Statistik di tahun 2020 dan 2021beberapa indikator kesejahteraan di Provinsi Kalimantan Selatan Mengalami penurunan dan ada juga yang lebih baik berupa kinerja perekonomian Kalimantan Selatan di tahun 2020 Mengalami penurunan dibanding tahun 2019 hal ini ditunjukkan dengan laju pertumbuhan tahun 2019

Febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *