infobanua.co.id
Beranda Blitar Walikota Blitar, Dorong Lansia Untuk Tetap Produktif

Walikota Blitar, Dorong Lansia Untuk Tetap Produktif

Blitar, Infobanua.co.id – Pemeribtah Kota (Pemkot) Blitar, menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-25 di Balaikota Kusumowicitro, jalan Sudancho Soeprijadi, Kota Blitar, Rabu 16 Juni 2021.

Walikota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa, pihaknya selalu mendorong agar para lansia tetap produktif di usia lanjut, dan selalu berkontribusi aktif di dalam pembangunan.

“Kami mendorong agar para lansia untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Kota Blitar,” kata Santoso, kepada beberapa awak media setelah membuka acara Peringatan Hari Lanjut Usia.

Menurut Santoso, meski sudah berusia lanjut bukan berarti para lansia tidak bisa berkegiatan secara aktif.

Justru dengan usia yang sudah tidak lagi muda, para lansia tetap bisa terlibat aktif dalam pembangunan dengan mendukung program Pemkot Blitar, khususnya di tingkat Karang Werdha yang ada di Kelurahan.

“Meski sudah pensiun, tapi lansia masih bisa, kami minta dengan pengalaman yang dimilikinya, dengan melibatkan mereka secara aktif dalam pembangunan, mereka tidak akan merasa diisolir dan tetap bersemangat,” jlentrehnya.

Lebih dalam Santoso menerangkan bahwa, beragam program inovatif juga terus dilakukan oleh Pemkot Blitar melalui Dinas Kesehatan, untuk meningkatkan usia harapan hidup lansia.

Di antaranya ada senam lansia, pemenuhan gizi dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara rutin.

Program tersebut dalam perjalananya menuai sukses, dengan dibuktikan, para usia harapan hidup lansia yang lebih panjang.

“Kami juga aktif mengadakan pertemuan untuk memberikan wawasan. Agar orang yang sudah pensiun dan lansia berarti bukan orang yang sudah tidak berfungsi,” ungkapnya.

Selanjutnya Santoso menjelaskan bahwa, rogram-program yang telah dilakukan tergolong sukses. Saat ini usia harapan hidup lansia di Kota Blitar mencapai 73 tahun hingga 75 tahun.

“Ini menandakan jika Kota Blitar semakin tahun semakin bagus usia kesehatan lansianya,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, puncak peringatan Hari Lanjut Usia ke-25 di Balaikota Kusumowicitro ini diisi dengan serangkaian kegiatan.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, di kesempatan ini para lansia juga mendapatkan penyuluhan kegiatan. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan