infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU DKBP3A Tanbu Inisiasi Pelatihan Kader PATBM

DKBP3A Tanbu Inisiasi Pelatihan Kader PATBM

Batulicin, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan (DKBP3A) setrmpat menggelar Pelatihan bagi Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Kegiatan dibuka Bupati Tanah Bumbu melalui Asisten Bidang Administrasi Umum H. Andi Aminuddin.S.Pd.MM, di Ruang Rapat Bersujud 1 ,Selasa (22/06/2021) kantor Bupati.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kab. Tanbu melalui Kabid PPPA. Nurliana, S. S.IT saat melaporkan kegiatan mengatakan. Pelatihan PATBM ini akan terus dioptimalkan sehingga melahirkan kerja yang sinergis antara Pemerintah dan para kader.

“Dengan terlaksananya pelatihan ini diharapkan para kader atau aktivis bisa membantu pemerintah mengurangi tindak kekerasan pada anak dan perempuan di Daerah ini.”terangnya.

Dikatakan Bupati melalui Asisten Bidang Administrasi Umum. PATBM adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat.

“Mereka bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak dan menumbuhkan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya pencegahan dengan kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.”ujarnya.

Lanjutnya, Keekerasan terhadap anak telah memberikan dampak negatif dan luas tidak hanya terhadap korban tetapi juga berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak dalam kehidupan satu keluarga. Mengingat kekerasan terhadap perempuan dan anak seringkali terjadi di lingkungan rumah tangga, lingkungan publik atau di suatu komunitas.

“Harapan saya agar kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat memiliki loyalitas, integritas dan komitmen yang tinggi dalam memberikan layanan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan kekerasan fisik maupun psikis, kekerasan seksual dan penelantaran”, ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya pelatihan bagi kader akan dapat optimal dalam memberikan pelayanan penanganan masalah anak dan perempuan yang terjadi di Tanah Bumbu sehingga masyarakat bisa hidup aman, sejahtera dan damai bagi seluruh lapisan masyarakat Bumi Bersujud.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh peserta pelatihan Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat, kiranya diikuti dengan serius. Kedepan akan menghasilkan
kader yang handal dan professional, penuh pengabdian dalam melaksanakan tugasnya, serta mengedepankan tugas kemanusiaan, ketimbang menuntut keuntungan pribadi yang sifatnya berlebihan. “tutupnya. ( )

Bagikan:

Iklan