infobanua.co.id
Beranda Blitar Ada Apa Pemkot Blitar Tutup Makam Bung Karno Selama Tiga Hari

Ada Apa Pemkot Blitar Tutup Makam Bung Karno Selama Tiga Hari

Blitar, Infobanua.co.id – Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 dan antisipasi masuknya varian baru covid-19 di Kota Blitar.
Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar akan menutup kembali kawasan wisata di Kota Blitar selama tiga hari mulai Senin 28 Juni hingga Rabu 30 Juni 2021.

Sekretaris Satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, mengatakan bahwa, pihaknya akan menutup sementara kawasan wisata selama tiga hari mulai Senin depan. Karena kasus covid-19 di Kota Blitar cenderung meningkat dan sebagai antisipasi masuknya covid-19 varian Delta.

“Saat ini, kasus covid-19 di beberapa daerah termasuk di Kota Blitar cenderung meningkat. Hal itu terlihat dari data laporan harian perkembangan kasus covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar,” kata Sekretaris Satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, Sabtu 26-06-2021.

Menurut Hakim sesuai data laporan harian dari Dinkes, tiap hari ada penambahan kasus positif covid-19 di Kota Blitar.

Seperti pada hari Jum’at 25 Juni 2021, ada tambahan 12 orang terpapar positif covid-19 di Kota Blitar.

Kemudian Sabtu 26 Juni 2021 hari ini, ada tambahan 11 orang terpapar positif covid-19 di Kota Blitar.

Sedang jumlah komulatif kasus positif covid-19 di Kota Blitar sampai saat ini mencapai 2.786 kasus.

Makanya Satgas covid-19 memperketat kembali pembatasan aktivitas warga masyarakat, terutama warga dari luar Kota Blitar.

“Tujuan penutupan sementara tempat wisata ini untuk mengurangi warga luar daerah masuk ke Kota Blitar,” ungkapnya.

Lebih dalam Hakim menerangkan bila Satgas gabungan juga meningkatkan lagi operasi yustisi di tempat kost. Satgas melakukan rapid test antigen kepada penghuni tempat kost.

“Semalam kami lakukan operasi yustisi di tempat kost. Kami melalukan rapid test antigen kepada penghuni tempat kost,” paparnya.

Disinggung terkait pembatasan jam operasional kafe dan rumah makan, Hakim menjawab masih dalam pembahasan oleh tim.

“Satgas masih melakukan evaluasi apakah jam operasional kafe dan rumah makan berpengaruh besar dengan peningkatan kasus covid-19 apa tidak,” terangnya.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, mengatakan bahwa, sesuai instruksi dari Wali Kota Blitar, tempat kawasan wisata yang ditutup sementara selama tiga hari hanya di kawasan Makam Bung Karno dan Istana Gebang.

“Sesuai perintah dari bapak Walikota, tempat wisata yang ditutup sementara hanya kawasan Makam Bung Karno dan Istana Gebang. Sedang destinasi wisata lainnya masih menunggu perintah lagi,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono.

Selanjutnya Tri Iman menjelaskan, jika pelayanan di kawasan Makam Bung Karno dan Istana Gebang ditutup selama tiga hari mulai Senin 28 Juni 2021 hingga Rabu 30 Juni 2021 mendatang.

“Sementara ditutup selama tiga hari, setelah dievaluasi, nanti apakah perlu diperpanjang atau tidak,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan