Petani Karang Indah Dapat Penyuluhan Penanganan Serangan Hama

  • Whatsapp

Marabahan, infobanua.co.id – Kelompok petani di Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, ikut penyuluhan tentang pertanian antisipasi serangan hama, Sabtu (26/6/2021).

Kegiatan ini diadakan penyuluh dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Barito Kuala bersama pihak perusahaan penyedia pestisida.

Dikatakan Mardi, penting untuk menambah pengetahuan tentang mengatasi hama, petani lainnya antusias mengikuti diskusi Farmer Fild Day Filia (FFD Filia) di persawahan ini, karena bisa menambah wawasan petani terkait penanganan serangan hama yang mengancam padi.

“Sedikit banyaknya kita mendapat pengetahuan, bagaimana cara mencegah atau mengatasi serangan hama yang menyerang tanaman,” ujar Mardi di Desa Karang Indah Batola.

Menurutnya, bahwa sejauh ini rata-rata padi yang ada di Desa Karang Indah Batola ini tumbuh bagus dan belum terkena serangan hama parah. Dari penyuluhan ini pula, petani mendapatkan bantuan berupa insektisida untuk perawatan padi yang tengah menghijau. Di antaranya, pencegah serangan hama ulat pengerek batang padi dan pencegahan penyakit tungro dengan mengunakan insektisida virtako. Terkait penyuluhan yang menyasar langsung ke lahan pertanian ini, petani mengaku senang karena mendapat perhatian, baik dari dinas terkait serta perusahaan memberikan insektisida secara gratis.

 

“Kegiatan ini bentuk antisipasi jika nantinya terjadi kerusakan pada padi yang kami tanam,” katanya.

Nang/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *