Tapin Sambut Tenaga Kesehatan Tugas Khusus Nusantara Sehat

  • Whatsapp

TAPIN, Infobanua.co.id – Bupati Tapin menerima kedatangan dan sekaligus melepas 17 tenaga kesehatan penugasan khusus nusantara sehat periode V dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk ditugaskan di 10 puskesmas di Tapin, Jum’at (2/7/2021) kemarin bertempat di Aulia Sekretariat Daerah Lantai Satu Kabupaten Tapin.

Penerimaan dan sekaligus pelepasan tenaga kesehatan nusantara dipimpin Bupati Tapin melalui perwakilannya Sekretaris daerah Tapin, H. Masyraniansyah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tapin, Alfian Yusuf di Aula Sekretariat daerah lantai satu Kabupaten Tapin.

Dalam sambutannya H.Masyaraniansyah Sekda Tapin mengucapkan selamat datang kepada tenaga kesehatan nusantara di Kabupaten Tapin. Kami sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI yang peduli terhadap kesehatan masyarakat Kabupaten Tapin.

“Dengan kedatangan tenaga kesehatan nusantara ini tentunya kami menyambutnya dengan senang hati adanya penugasan khusus individual nusantara sehat ke Kabupaten Tapin, dengan harapan dapat bertugas dengan baik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tapin,”katanya.

Lanjut Sekda mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapin dengan visinya mengwujudkan Kabupaten Tapin Maju Sejahtera Yang Agamis, terus berupaya memenuhi kebutuhan SDM untuk mendukung pelayanan, termasuk dalam bidang kesehatan.

“Salah satu upaya tersebut, pada hari ini kita menerima tenaga kesehatan penugasan khusus individual nusantara sehat dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 17 orang,”katatnya.

Zakaria, Penanggung Jawab Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Nusantara Sehat menyatakan Kementerian Kesehatan punya agenda pemenuhan tenaga kesehatan sebanyak 5.000 orang atau sekitar 83 persen untuk 9 jenis tenaga kesehatan.

“Kabupaten Tapin melalui Dinas Kesehatan mengusulkan sebanyak 46 orang tenaga kesehatan dan baru dapat memenuhi sebanyak 17 orang untuk ditempatkan di 10 Puskesmas Kabupaten Tapin,”katanya.

Semoga untuk periode selanjutnya sisanya sebanyak 29 orang tenaga kesehatan dapat memenuhi kekurangannya.

“Sembilan jenis tenaga kesehatan terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan perawat, kesling, kesmas, gizi, dan Farmasi analis. Mereka bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas dengan status penugasan khusus nusantara sehat selama dua tahun,”katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tapin, H. Alfian Yusuf mengatakan tenaga kesehatan ini inisiatif Pemerintah Kabupaten Tapin untuk meminta kepada Kementerian Kesehatan RI untuk program penugasan khusus nusantara sehat individual.

“Kita mengusulkan sebanyak 90 orang dari 9 tenaga kesehatan yang disiapkan Kementerian Kesehatan RI, namun ternyata disetujui 46 orang dan bertahap diberikan,”katanya.

Alfian mengatakan untuk periode V ini Tapin baru dapat 17 orang tenaga kesehatan untuk 4 jenis bidang kesehatan dan ditempatkan di 10 Puskesmas Kabupaten Tapin.

“Mudah-mudahan sisanya sebanyak 29 orang untuk periode berikutnya secepatnya di datangkan, sehingga melengkapi tenaga kesehatan di 13 puskemas se-Kabupaten Tapin,”katanya.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *