infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Bupati Batola Beri Bantuan Satu Unit Hand Tractor ke Petani Desa Antar Raya

Bupati Batola Beri Bantuan Satu Unit Hand Tractor ke Petani Desa Antar Raya

Marabahan, infobanua.co.id – Terkesan atas kegigihan Kelompok Tani Sumber Jadi Desa Antar Raya Kecamatan Marabahan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS memberikan bantuan untuk pembelian satu unit hand tractor. Penyerahan bantuan dilaksanakan di rumah jabatan Bupati Batola, Rabu (07/07/2021).

Awalnya, Noormiliyani bersama forkopimda dan jajaran SKPD melakukan panen raya semangka milik Kelompok Tani Sumber Jadi yang terdapat di Desa Antar Raya, Marabahan, Selasa (06/07/2021). Dengan memanfaatkan lahan tidur seluas 5 hektar melalui peralatan seadanya petani setempat berhasil membudidayakan jenis komoditi ini.

Menyaksikan itu, bupati perempuan pertama di Kalsel, ini pun bangga. Terlebih panen yang dilaksanakan cukup berhasil dengan produksi mencapai sekitar 15 ton dengan buah yang besar-besar dan manis. Karenanya para petani setempat selain dibantu fasilitas kredit kepemilikan tanah perkebunan dengan bunga ringan juga berikan bantuan sebesar Rp30 juta untuk pembelian satu unit hand tractor. “Semoga bantuan ini bermanfaat dan Kelompok Tani Sumber Jadi semakin berkembang dan menjadi contoh kelompok tani lainnya,” ucap Noormiliyani.

Selain tractor, bupati juga menginstruksikan Dinas PUPR memperlebar alur handil yang menjadi akses untuk membawa hasil panen petani. “Kami berterimakasih sebesar-besarnya kepada bupati atas perhatiannya serta segala bantuan diberikan,” tutur Ketua Kelompok Tani Sumber Jadi, Jamhuri.

Jamhuri mengutarakan, selama ini jika mengolah lahan masih menggunakan peralatan manual yang membutuhkan waktu relatif lama. “Biasanya untuk menyiapkan lahan untuk bisa ditanami waktu yang dibutuhkan sekitar dua minggu, dengan tractor mungkin cukup satu hari kami sudah bisa tanam,” ucap Jamhuri. Jamhuri menyampaikan tractor yang dibeli nantinya bisa dimanfaatkan bersama kelompok tani lain di Desa Antar Raya sepanjang bisa menjaga dan merawat.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan