infobanua.co.id
Beranda Blitar Bupati Blitar Pimpin Upacara HUT RI ke-76, Serukan Penguatan Gotong Royong Dalam Menghadapi Corona

Bupati Blitar Pimpin Upacara HUT RI ke-76, Serukan Penguatan Gotong Royong Dalam Menghadapi Corona

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melaksanakan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 76, di Aloon-Aloon Kanigoro, Kabupaten Blitar, dipimpin oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah, sebagai inspektor upacara, yang disiarkan secara virtual, Selasa 17-08-2021.

Dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, diatas mimbar inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 76 di Aloon-Aloon Kanigoro, Kabupaten Blitar, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyerukan untuk meningkatkan kegotong royongan kepada seluruh warga masyarakat bersama Pemerintah Daerah untuk memerangi dan mengakhiri pandemi Corona Virus Disease-2019 (covid-19) yang saat ini masih ada.

“Momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ini, harus dijadikan sarana untuk melakukan perubahan-perubahan kebiasaan kehidupan keseharian ke arah yang lebih baik,” kata Bupati Blitar, Rini Syarifah, dengan semangat.

Menurut Rini Syarifah, ini menjadi keharusan untuk dilakukan, karena luar biasanya dampak pandemi covid-19 yang menggerogoti sendi kehidupan, baik segi krisis kesehatan, maupun lesunya perekonomian.

“Kami berpesan, mari kita lawan covid-19 ini dengan semangat gotong-royong dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (protkes),” terangnya.

Lebih dalam Rini Syarifah menuturkan, justru kondisi seperti ini, memacu kita untuk tangguh dan tumbuh.

Kabupaten Blitar juga harus tumbuh dari keterpurukan diberbagai bidang, utamanya sektor ekonomi.

“Dengan semangat maju bersama, sejahtera bersama, siap dan tetap tangguh menghadapi covid-19 serta tumbuh menjadi Kabupaten Blitar yang unggul dan mandiri,” jelas Mak Rini, panggilan akrab Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Selanjutnya Mak Rini menjelaskan bahwa, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blitar tahun 2020 akibat pandemi, mengalami kontraksi minus 2,29 porsen.

Sehingga tahun 2021 ini, pihaknya mentargetkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar mencapai 2,17 porsen.

Indeks kepuasan masyarakat, pada tahun 2020 berada di angka 80,94 porsen. Dan di tahun 2021 ini, dapat ditingkatkan sehingga menjadi 81,94 porsen.

“Keadaan seperti ini patut difahami, mengingat kami dihadapkan pada krisis kesehatan dan krisis ekonomi,” ungkapnya.

Masih menurut Mak Rini, saat ini Pemerintah Pusat sampai dengan Pemerintah Daerah sedang berupaya untuk mengatasi dua krisis tersebut.

“Yakni melalui upaya penerapan PPKM level 3 dan 4, percepatan vaksinasi, termasuk kebijakan pemulihan ekonomi dengan pemberian stimulus,” paparnya.

Lehih dalam Mak Rini menerangkan, jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, saat ini terus berupaya mempertahankan ekonomi masyarakat, hingga pelaku usaha mikro.

Kepada pelaku UMKM, pihaknya telah menggencarkan pembelian produk-produk UMKM Kabupaten Blitar serta pemberian bantuan sosial kepada warga masyarakat yang berekonomi rendah dan mereka yang terdampak oleh pandemi covid-19.

“Kami terus berusaha meringankan beban warga masyarakat dengan memberikan sembako. Mari kita semua dapat menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk membantu saudara kita yang terdampak covid-19,” kata Mak Rini, dihadapan para abdi negara di lingkup Pemkab Blitar baik secara langsung maupun melalui virtual dalam kegiatan upacara peringatan HUT RI ke- 76 ini. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan