infobanua.co.id
Beranda Blitar Hari Pertama MBK Buka, Langsung Diserbu Pengunjung

Hari Pertama MBK Buka, Langsung Diserbu Pengunjung

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, mulai melakukan uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK) di masa PPKM Level 3, Minggu 19-09-2021.

Begitu MBK dibuka, para pengunjung langsung menyerbu Makam Bung Karno di hari pertama uji coba pembukaan tempat kawasan wisata MBK ini.

Sejak dibuka pukul 08.00 WIB, rombongan pengunjung dari luar kota mulai berdatangan di kawasan wisata Makam Bung Karno. Dan para pengunjung harus antre untuk masuk kedalam pusara Bung Karno.

Juru Kunci, Makam Bung Karno, Kahfi Annezar, mengatakan, uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno tetap menerapkan protokol kesehatan (protket) pencegahan penyebaran covid-19, dengan benar dan ketat.

“Untuk jumlah pengunjung yang masuk ke pusara MBK dibatasi hanya 25 orang saja, dan durasi berdo’a para pengunjung di pusara Bung Karno juga dibatasi maksimal hanya 10 menit,” kata Juru Kunci, Makam Bung Karno, Kahfi Annezar.

Menurut Kahfi, pihaknya telah membuat nomor antrean dari nomor 01 hingga nomor 100.

Sehingga muaranya adalah, para pengunjung yang masuk ke pusara MBK secara bergilir, maksimal hanya 25 orang saja.

Dan pengunjung yang diperbolehkan masuk ke pusara Bung Karno harus sudah vaksin dosis satu dan dosis dua.

“Sedangjan untuk anak-anak dan orang dewasa yang belum vaksin hanya diperbolehkan di luar pusara,” jlentrehnya.

Lebih dalam Kahfi menuturkan, sampai dengan pukul 10.00 WIB sudah ada 100 orang pengunjung yang masuk ke pusara Bung Karno.

Para pengunjung berasal dari Surabaya, Bogor, Banyuwangi, dan dari Blitar Raya.

“Pagi tadi, pengunjung yang banyak rombongan dari Banyuwangi,” tetangnya.

Selanjutnya Kahfi menerangkan, jika salah satu pengunjung mengaku bersyukur dapat masuk untuk ziarah di pusara Bung Karno.

Mereka bersama keluarga datang jauh-jauh dari Bogor, Jawa Barat, hanya untuk berziarah ke Makam Bung Karno sang Proklamator RI, di Kota Blitar.

“Kebetulan pas hari ini Makam Bung Karno dibuka. Kemarin mereka mau ziarah ke Makam Gus Dur di Jombang masih tutup. Akhirnya kemarin langsung ke Blitar, menginap disini. Paginya dapat ziarah ke Makam Bung Karno,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan