infobanua.co.id
Beranda TAPIN Support Tapin Sebagai Sentra Pangan Kalsel Dengan Dana Senilai 1,2 Miliar

Support Tapin Sebagai Sentra Pangan Kalsel Dengan Dana Senilai 1,2 Miliar

TAPIN, INFOBANUA.co.id – Pada hari jadi Kabupaten Tapin di HUT nya ke-56, Gurbenur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor mengaku bangga terhadap Tapin sebagai sentra pangan masa depan Kalsel karena berpotensi membangun daerah. Tapin terbukti sebagai sentra pangan di Kalimantan Selatan.

Hal itu diungkapkan Wakil Gurbenur Kalimantan Selatan, H.Muhidin pada puncak hari jadi Tapin ke-56 bertempat di Pendopo Galuh Bastari Rantau Baru. Selasa (30/11).

Gurbenur Kalsel mengatakan sebagai bentuk dukungannya menyatakan siap memfasilitasi pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Tapin dengan memberikan bantuan dana senilai Rp.1,2 miliar.

Dirinya bangga atas pencapaian komoditas cabai rawit hiyung yang terkenal pedasnya 17 kali lipat dan setiap tahunnya menjadi primadona perkembangan hingga telah mendunia.
Luasan panen cabai rawit hiyung tercatat sudah 287 hektar dari potensi tanam seluas 450 hektar.
Selain itu, roda pergerakan pertanian di Kabupaten Tapin pada kondisi pandemi Covid-19 khususnya tanaman padi terus bergerak naik. Secara Nasional Kabupaten Tapin mencapai 0,67 persen lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi disektor lainnya yakni 0,28 persen. Pada komunitas jagung hibrida selama tahun 2021 mencapai 1.320 hektar luas tanam dengan 558 hektar luas panen dengan hasil produksi mencapai 2.829 ton.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan