infobanua.co.id
Beranda Blitar Forpimda Kota Blitar Periksa Pos-pos Pengamanan Lebaran

Forpimda Kota Blitar Periksa Pos-pos Pengamanan Lebaran

Blitar, Infobanua.co.id – Menjelang arus mudik lebaran, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Blitar, melakukan pemeriksaan persiapan di sejumlah pos pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2022, Sabtu 23-04-2022.

Dari hasil pemeriksaan petugas Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Pemkot Blitar, sudah siap di sejumlah pos pengamanan.

Tim Forum Koordinasi Pimpinan Daerah pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2022 tersebut adalah Wali Kota Blitar, Santoso, Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono, Dandim 0808/Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono, dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar.

Rombongan Wali Kota bersama Kapolres dan Dandim 0808/Blitar, kali pertama melakukan pemeriksaan di pos pengamanan Terminal Bus Tipe A Patria Blitar, jalan Palem, Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Mereka melihat bangunan baru di terminal yang akan dioperasionalkan untuk angkutan mudik Lebaran tahun 2022 ini.

Kemudian rombongan bergeser memeriksa pos pengamanan di Stasiun Kereta Api, jalan Mastrip, Kota Blitar.

Wali Kota bersama Kapolres dan Dandim sempat masuk ke Stasiun Keteta Api melihat kedatangan penumpang Kereta Api.

Selanjutnya rombongan pejabat Forpimda Kota Blitar memeriksa pos pelayanan di Aloon-aloon, jalan Merdeka, Kota Blitar.

“Kami sinergi dengan TNI dan Polri untuk memantau persiapan pengamanan mudik lebaran 2022. Kemarin sudah diawali dengan gelar pasukan dan sekarang memeriksa pos pengamanan dan melihat perkembangan pemudik,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, Sabtu 23-04-2022.

Menurut Santoso, dari hasil pantauan di Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, dan Aloon-aloon, kondisi pemudik di Kota Blitar masih sepi.

“Hasil pantauan di Terminal Bus Patria masih sepi, dimikian juga di Stasiun Kereta Api, kondisinya sama dan hasil pantau dari CCTV di beberapa titik di pos pelayanan Aloon-aloon juga belum ada peningkatan kendaraan,” jlentrehnya.

Sementara Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono mengatakan, pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat Semeru dibagi menjadi tiga tahap.

Tiga tahap pengamanan tersebut, yakni menjelang perayaan Lebaran, hari H perayaan Lebaran, dan pasca perayaan Lebaran.

“Pada tahap menjelang lebaran ini kami mengantisipasi orang belanja dan tempat kawasan wisata. Minggu-minggu ini pasti ada peningkatan orang belanja apalagi saat akhir pekan,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono.

Menurut Argo, meski Operasi Ketupat Semeru baru dimulai pada 28 April 2022, Polres Blitar Kota bersama TNI dan Pemkot Blitar sudah mulai melakukan peningkatan pengamanan di sejumlah pos hari ini.

“Kegiatan lain yang kami lakukan menjelang Lebaran yaitu percepatan vaksin booster. Sebab, anjuran dari Pemerintah Pusat, capaian vaksin booster di wilayah minimal harus sudah 30 porsen sebelum Lebaran.

“Sedang data terakhir, capaian di Kota Blitar baru 25 porsen,” pungkasnya.

(Eko.B) 

Bagikan:

Iklan