infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara Wakidi DPRD PPU Minta Pembangunan Puskesmas Rawat Inap Babulu Segera Diselesaikan

Wakidi DPRD PPU Minta Pembangunan Puskesmas Rawat Inap Babulu Segera Diselesaikan

PENAJAM, infobanua.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Dinas Kesehatan, Inspektorat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, kepala desa, camat dan Pimpinan Puskesmas Babulu pada Senin (11/7/2022) di Lantai 3 Gedung DPRD PPU.

Rapat tersebut membahas tentang pembangunan Puskesmas Rawat Inap Babulu yang disinyalir terdapat salah perencanaan pembangunan.

Puskesmas rawat inap tersebut anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kendati demikan, besaran anggaran yang tersedia tidak mencukupi untuk menyelesaikan proyek pembangunan gedung rawat inap tersebut. Untuk lanjutan pembangunannya dibebankan kepada pemerintah daerah.

Untuk desain pembangunannya langsung tiga lantai, namun yang selesai dikerjakan hanya satu lantai dasar.

Saat ditemui usai RDP bersama instansi terkait, Ketua Komisi II, DPRD PPU Wakidi menjelaskan bahwa proyek pembangunan tersebut sebut telah rampung pada tahun 2021 dengan menelan anggaran dari DAK senilai Rp 9,2 Miliar.

Saat itu Dinkes PPU mengusulkan anggaran senilai Rp 16 Miliar tetapi pusat hanya memberikan anggaran Rp 9,2 Miliar.

“ Sebelum mengusulkan semestinya Pemda review design gedung dulu, tapi ternyata dinas kesehatan tidak melakukan itu. Tapi langsung lelang full desain. Akhirnya kita lihat gedung saat ini yang ada di Babulu hanya lantai satu yang selesai,” jelas Wakidi kepada media ini.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap pembangunan gedung puskesmas rawat inap itu dapat segera diselesaikan oleh pemerintah daerah kedepannya. Sehingga proses pelayanan bagi masyarakat dapat optimal.

“Dari kita supaya tetap diselesaikan oleh pemerintah daerah,,’ kata dia. (ADV).

Bagikan:

Iklan