infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Tim Penilai Posyandu dan Kader Tingkat Kalsel Datangi Posyandu Kenanga Desa Telaga Silaba

Tim Penilai Posyandu dan Kader Tingkat Kalsel Datangi Posyandu Kenanga Desa Telaga Silaba

AMUNTAI, infobanua.co.id – Dalam rangka Lomba Posyandu dan kader tingkat provinsi Kalimantan Selatan guna verifikasi lapangan ke Posyandu Kenanga di desa Telaga Silaba kecamatan Amuntai Selatan yang berhasil mewakili kabupaten HSU ke tingkat provinsi.

Tim penilai yang terdiri dari lintas SKPD dan bidang pada Dinas Kesehatan serta TP PKK Provinsi Kalsel sebanyak 16 orang. Adapun kegiatan dilaksanakan Senin, (29/8/2022) bertempat dihalaman Posyandu Kenanga Desa Telaga Silaba Kecamatan Amuntai Selatan yang dihadiri Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Setda HSU, Plt Dinas PMD, Kesehatan, wakil ketua TP PKK Kab HSU beserta ketua pokja dan anggota, Camat Amuntai Selatan, Kades Telaga Silaba beserta Ketua TP PKK para kader posyandu kenanga serta undangan lainnya.

Dalam laporan sekilas pandang posyandu kenanga Desa Telaga Silaba yang disampaikan oleh ketua tim penggerak PKK Desa Telaga Silaba Rusmida,S.AP menyampaikan, bahwa Posyandu Kenanga dalam pelaksanaan palayanan di posyandunya.

Dijelaskannya, bahwa posyandu kenanga salam kegiatannya adalah memberikan pelayan kesehatan kepada masyarakat seperti pemeriksaan kehamilan,pengukuran nila pada ibu hamil, deteksi dini tumbuh kembang anak usia 0-9 tahun, penimbangan dan pemantauan status gizi dan balita, imunisasi desa kepada balita ditambah beberapa kegiatan terintegrasi sepeti BKB, UP2K, Posyandu lansia, Posgitu dan pengembangan lainnya, disampaikan pula Posyandu Kenanga sudah melaksanakan sistem 8 meja sesuai dengan hasil deklarasi loksado pasa tahun 2017 serta peraturan bupati HSU no 2 tahun 2022.

Rusmida mengatakan, Lembaga Pemasyarakatan Desa (LPD) dan Lembaga Adat Desa (LAD)  pada pasal 21 yang menekankan untuk posyandu memakai 8 meja, dikatakan juga bahwa Posyandu Kenanga menggunakan logo dgn tekline yaitu posyandu sahabat masyarakat.

“Dimana kegiatan posyandu ini tidak hanya untuk balita tetapi siapapun memanfaatkan posyandu baik remaja, ibu hamil, sampai lanjut usia, posyandu kenanga juga memiliki beberapa inovasi diantaranya seperti kedondong, mandi bola, senang makan ikan, pojok baca, kejut balitung dan arisan posyandu ibu,” jelasnya.

Disampaikan pula pada tahun 2021 setelah adanya inovasi ini capai untuk pelayanan kesehatan posyandu kenanga mencapai 94 persen dengan jumlah balita yang datang sebanyak 61 balita dari 65 balita yang terpantau pertumbuhannya.

Plt.Bupati Hulu Sungai Utara H.Husairi Abdi,Lc dalam sambutan tertulisnya dalam hal ini dibacakan Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Setda HSU  Amberani,SH  menyampaikan, atas nama Bupati dan masyarakat mengucapkan selamat datang kepada ketua tim penilai lomba posyandu tingkat provinsi Kalsel beserta rombongan di Desa Telaga Silaba Kecamatan Amuntai Selatan.

“Semoga tim penilai selama di HSU diberikan kesehatan dalam menjalankan tugasnya,” ucapnya.

Menurut Husairi, keberadaan posyandu selama ini telah memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi dan derajat kesehatan masyarakat lebih baik,karnanya pos pelayanan terpadu sampai saat ini masih tetap menjadi salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan termasuk dikabupaten hulu sungai utara dalam rangka memberikan akses kesehatan khususnya bagi ibu dan anak sehingga pemberian pelayanan kesehatan melalui posyandu memaksa kita harus terus bersungguh-sungguh dalam memberikan perhatian terbesar dalam menumbuhkan serta mengaktifkan posyandu yang ada didesa-desa.

“Kita semua harus menyambut baik dan memberikan dukungan penuh dengan adanya lomba penilaian posyandu tingkat provinsi Kalsel ini, dimana kegiatan lomba ini bertujuan untuk memotifasi para penyelenggara posyandu termasuk ketua dan kader agar mereka memberikan prestasi terbaik sesuai dengan lomba dan target yang dilaksanakan posyandu masing-masing,” ungkapnya.

Husairi berharap nantinya mampu berperan dan fungsi posyandu yang sangat membantu keluarga dalam pencegahan stunting.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan